Malaysia Open 2024 - Hanya Dua Wakil "Merah Putih" yang Tersisa

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia memiliki sebelas wakil pada turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2024. Namun, mayoritas tumbang pada dua babak awal, hingga "Merah Putih" hanya menyisakan Gregoria Mariska Tunjung di nomor tunggal putri dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, pada perempat final turnamen level BWF World Tour Super 1000 tersebut.

Gregoria menembus babak delapan besar setelah menang atas Goh Jin Wei. Bertanding di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (11/1), tunggal putri andalan Indonesia itu menang dua gim langsung 21-15, 24-22 atas sang wakil tuan rumah.

Di perempat final, ia akan bersua dengan Chen Yu Fei asal China. Kedua pemain telah 10 kali bertemu, dengan catatan tujuh kemenangan bagi Chen. Menanggapi laga di perempat final pada Jumat (12/10), Gregoria menyatakan, "Besok bertemu Chen Yu Fei, saya ingin maksimal dan tampil lebih baik lagi dari hari ini."

Sementara, Fajar/Rian meraih tiket perempat final berkat kemenangan atas Fang-Chih Lee/Fang-Jen Lee. Unggulan kelima tersebut berhasil membalas dua kekalahan sebelumnya dari duo Fang, dengan kemenangan straight games 21-13, 21-12 dalam tempo 38 menit.

"Alhamdulillah bersyukur bisa masuk ke babak perempat final. Membalas kekalahan dari dua pertemuan terakhir pastinya tidak mudah, mereka mempunyai permainan yang safe dan rapi," tanggap Fajar mengenai kemenangan pertama mereka pasangan Taiwan tersebut.

Fajar/Rian akan berhadapan dengan wakil China yang juga unggulan teratas, Liang Wei Keng/Wang Chang, di babak delapan besar. Liang/Wang memenangi laga di babak 16 besar atas wakil Jepang, Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi. Duo negeri tirai bambu tersebut menang dengan skor identik 21-14, 21-14 dalam tempo 32 menit. "Lawan Liang/Wang pasti kami tidak mau kalah. Tapi kami mau menampilkan yang lebih baik dari hari ini dulu," pungkasnya.