Indonesia Open 2024 Jadi Ajang Penentuan Unggulan Olimpiade

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Djarum Badminton)
Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Perburuan tiket menuju Olimpiade Paris 2024 akan berakhir pada 30 April 2024. Namun, turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2024 yang berlangsung pada 4-9 Juni di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, akan menjadi ajang penentuan seeding atau unggulan pada Paris 2024, 26 Juli-11 Agustus.

"Kendati point race ke Olympic Paris 2024 sudah berakhir pada akhir April, turnamen Indonesia Open 2024 saya nilai tetap sangat bergengsi dan bakal dibanjiri para pemain bintang untuk datang ke Jakarta," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja, seperti dilaporkan Antara pada Selasa (2/4).

Selain menjadi salah satu turnamen bulu tangkis bergengsi pada tahun ini dan jadi penentuan unggulan Paris 2024, turnamen level BWF World Tour Super 1000 ini juga menyediakan hadiah 1,3 juta dolar AS. "Top committed players sudah pasti turun untuk menghindari denda, juga selain memperebutkan prize money yang menggiurkan dalam jumlah besar, ajang ini bisa dimanfaatkan para pemain sebagai penentuan seeding pada Olimpiade Paris 2024, Juli-Agustus nanti," kata Ricky.

"Indonesia Open 2024 juga kami yakini akan menjadi test event terakhir untuk mengukur kekuatan satu sama lain sebelum dihelatnya Olimpiade," ujarnya menambahkan.

Ricky melanjutkan, Indonesia sebagai tuan rumah akan menerjunkan seluruh kekuatan terbaiknya. Nama-nama besar seperti Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting di nomor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri), dan sejumlah nama lainnya, menurutnya, siap berlaga di hadapan publik sendiri. "Bicara soal prestasi, momentum keberhasilan Indonesia pada All England lalu dengan raihan dua gelar juara lewat Jonatan di tunggal putra yang mengalahkan Ginting pada 'all-Indonesian final' dan Fajar/Rian di ganda putra tentu harus dijaga dan diteruskan di Indonesia Open 2024," jelasnya.

"Apalagi ini berlangsung di Istora yang tentu saja para pemain bintang kita bakalan didukung penuh para 'Badminton Lovers'," Ricky, menambahkan.

Sementara, penjualan tiket Indonesia Open 2024 akan dijual secara daring pada Jumat (26/4) mulai pukul 13.00 WIB. Terdapat beberapa kategori yang dijual dengan harga beragam, mulai dari Rp150.000 hingga Rp2.150.000.