Djarum Sirkuit Nasional 2018 Siap Gebrak 8 Kota

Perhelatan akbar Djarum Sirkuit Nasional (Djarum Sirnas) kembali akan bergulir di delapan kota sepanjang tahun 2018 ini. Kota Purwokerto, Jawa Tengah, akan menjadi persinggahan pertama rombongan peserta Djarum Sirnas tahun ini.

Turnamen tersebut akan berlangsung pekan depan, tepatnya mulai 12 hingga 17 Maret mendatang di GOR Satria, Purwokerto. Selain menjadi seri pembuka, Kota Purwokerto pun akan menjadi seri pertama Djarum Sirnas Premier dari empat seri yang bakal bergulir di kota lainnya, yakni Jakarta Pusat (DKI Jakarta) , Tasikmalaya (Jawa Barat), dan Surabaya (Jawa Timur).

Sengitnya persaingan antar pebulutangkis muda maupun dewasa dari masing-masing klub tanah air pun, akan tersaji di ajang yang bertajuk Djarum Sirnas Premier Li-Ning Jawa Tengah Open 2018 kali tersebut. Sebanyak 849 peserta dari berbagai nomor di kategori usia remaja/ U-17, taruna/ U-19, dan dewasa, telah mempersiapkan diri untuk menjadi yang terbaik di turnamen tersebut.

Tahun ini Djarum Sirnas kembali akan berlangsung di delapan kota yang sudah kami tentukan, yang tentunya dari masing-masing Kota yang terpilih tersebut sudah dipastikan siap menggelar Djarum Sirnas tahun ini dengan sukses,” kata Achmad Budiharto, yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PP PBSI.

Ada sedikit perubahan peraturan yang diterapkan pada Djarum Sirnas tahun ini. Yakni diperbolehkannya para pemain tunggal boleh bermain rangkap dengan catatan naik tingkat. Yakni Tunggal Remaja Putri boleh merangkap di Tunggal Taruna Putri dan Tunggal Taruna Putra/Putri boleh rangkap di Tunggal Dewasa Putra/Putri.

Untuk tahun ini sendiri ada tambahan peraturan. dimana dari nomor tertentu boleh bermain rangkap dengan catatan harus naik tingkat. Khususnya di sektor tunggal putri karena mengaca pada tahun-tahun sebelumnya sektor tersebut lebih sedikit pesertanya dibanding sektor lainnya. Jadi kami memutuskan untuk menerapkan aturan baru bagi peserta untuk bisa bermain rangkap di kategori usia yang berbeda. Tujuannya selain untuk menambah persaingan, juga bisa dijadikan sebagai ajang ukur kemampuan para atlet sejauh mana bisa bersaing dengan senior-seniornya,” ungkap Budiharto.

Dikatakan Budiharto aturan tersebut berlaku bagi pemain tunggal remaja & taruna putri, serta tunggal taruna putra, dan tidak berlaku untuk ganda.

Karena untuk ganda putra dan putri saya rasa sudah cukup banyak pesertanya dari masing-masing kategori usia,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Turnamen Perwasitan PP PBSI, Eddyanto Sabarudin, di Djarum Sirnas tahun ini para pemain asing diperbolehkan kembali turut serta.

Pemain asing boleh ikut disemua nomor dan semua kejuaraan di Indonesia, tetapi tidak boleh rangkap,” ujarnya.

Di sisi lain, Budiharto pun memperkirakan jika di sepanjang Djarum Sirnas tahun ini kualitas pertandingan akan semakin meningkat.

Saya rasa tahun ini kualitas pertandingan akan semakin meningkat. Tentunya dengan beberapa aturan baru tersebut pun akan menambah pengalaman dan jam terbang bagi para atlet,” pungkas Budiharto.

Berikut Daftar Kota Djarum Sirnas 2018 :

  • Purwokerto, 12-17 Maret (Premier)
  • Pekanbaru, 23-28 April
  • Denpasar, 09-14 Juli
  • Tasikmalaya, 23-28 Juli (Premier)
  • Makassar, 06-11 Agustus
  • Jakarta, 10-15 September (Premier)
  • Balikpapan, 01-06 Oktober
  • Surabaya, 12-17 November (Premier)

 

Foto Terbaru

Video terbaru

  • H6 : Gabriela Moningka (Interview Juara Tunggal Dewasa Putri)
  • H6 : Sheila Dinda Kurniawan (Djarum Kudus) VS Saifi Rizka Nurhidayah (Mutiara Cardinal Bandung)
  • H6 : Putri Andini Wahyuningrum/Rayhan Vania Salsabila (Mutiara Cardinal Bandung) VS Fauzia Kartikasari/Helena Ayu Puspitasari (Djarum Kudus)