BAJC 2023 - Alwi Farhan Fokus pada Mental Jelang Bertanding

Alwi Farhan (Djarum Badminton)
Alwi Farhan (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Alwi Farhan dan Mutiara Ayu Puspitasari menjadi andalan Indonesia di sektor tunggal pada Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2023, yang digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Nomor beregu akan dipertandingkan pada 7-11 Juli, sementara nomor perorangan berlangsung pada 12-16 Juli. Alwi menyatakan, persiapan dari aspek teknik sudah mencukupi dan kini tinggal meningkatkan kepercayaan diri.

"Sejauh ini persiapannya, baik teknik maupun fisik, berjalan lancar. Selanjutnya adalah persiapan mental dan pikiran karena ini berbeda dengan turnamen perorangan," ungkap runner-up Osaka International Challenge 2023 tersebut, dalam jumpa pers virtual rencana penyelenggaraan BAJC 2023, Senin (3/7) pagi.

"Namun, di beregu pun mental kita sebagai tim juga diperlukan, apalagi kita main di Jogja, kita tuan rumah, dan pasti kita nggak mau kalah," Alwi, menambahkan.

Pada BAJC 2023, PP PBSI memercayakan 16 pebulu tangkis putra dan putri terbaik di level junior. Skuad putra diperkuat Alwi, Muhammad Reza Al Fajri, Nikolaus Joaquin, Muhammad  Al Farizi, Dexter Farrell, Wahyu Agung Prasetyo, Adrian Pratama, dan Jonathan Farrell Gosal. Sementara skuad putri adalah Mutiara, Ruzana, Anisanaya Kamila, Az Zahra Ditya Ramadhani, Maulida Aprilia Putri, Meisa Rizka Fitria, Felisha A Nathaniel Pasaribu, dan Priskila Venus Elsadai.

Seluruh pemain "Merah Putih" akan turun di nomor beregu dan perorangan.

Di nomor beregu, yang akan dipertandingkan pada pekan pertama, Indonesia menghuni Grup A bersama China dan Vietnam. Alwi berharap dapat memberikan performa optimal pada fase penyisihan grup. "Syukur-syukur bsa juara," katanya.

"Saya mau fokus satu-satu dulu. Di grup dulu, China dan Vietnam. Karena tidak mudah, tapi Insya Allah kami semua siap," demikian Alwi.