BAJC 2023 - Mutiara Cetak Sejarah

Mutiara Ayu Puspitasari (Humas PP PBSI)
Mutiara Ayu Puspitasari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Yogyakarta | Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Mutiara Ayu Puspitasari, mengukir sejarah melalui gelar juara Badminton Asia Junior Championships (BAJC) 2023. Ia menjadi pebulu tangkis Indonesia pertama dari sektor tunggal putri yang pernah juara di Kejuaraan Asia Junior sejak digelar pada 1997. Atlet asal Ngawi itu naik podium tertinggi di BAJC 2023 berkat kemenangan atas wakil Korea Selatan, Kim Min Ji, di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu (16/7).

"Saya sendiri merasa tidak menyangka meraih gelar juara ini. Hasil ini seperti mimpi rasanya. Terima kasih kepada publik Yogyakarta yang sudah memberikan dukungan buat saya," kata Mutiara  melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Gelar juara ini saya persembahkan buat keluarga yang sudah hadir, pelatih, PBSI, dan semua orang Indonesia yang memberikan dukungan buat saya," atlet PB Djarum ini, menambahkan.

Di masa mendatang, Mutiara berharap performanya bisa stabil dalam bermain, mengingat akan bertanding di level yang lebih tinggi lagi yakni pada BWF World Junior Championships 2023, 24 September-8 Oktober di Amerika Serikat. "Saya mengincar gelar juara di BWF World Junior Championships 2023 setelah ini. Gelar juara di sini menjadi modal berharga buat saya untuk mengarungi turnamen Kejuaraan Dunia," tutur Mutiara.

"Saya sendiri juga masih punya satu tahun lagi di usia saya untuk meraih gelar juara Badminton Asia Junior Championships. Sebisa mungkin saya mau fokus satu-satu terlebih dahulu sebelum menatap turnamen berikutnya," pungkasnya.

Dengan hasil ini Indonesia membawa pulang satu gelar juara dari BAJC 2023. China tercatat membawa pulang tiga gelar juara seusai berjaya di nomor tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran.