Seleknas PBSI 2023 - Persaingan Ganda Putra dan Ganda Campuran Lebih Sengit

Bimo Prasetyo/Ziya Syafira Zulfa Putri Abdillah (Djarum Badminton)
Bimo Prasetyo/Ziya Syafira Zulfa Putri Abdillah (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Laga-laga "panas" pada sektor ganda putra dan ganda campuran bakal tersaji di final Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2023, Rabu (17/1), di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta. Hal ini terjadi karena setiap pasangan yang lolos ke final sudah bertekad untuk tampil "habis-habisan" demi menggenggam tiket masuk ke pelatnas.

Sengitnya persaingan itu sudah tersaji saat berlangsung babak empat besar sektor ganda putra dan ganda campuran. Dalam pertandingan yang berlangsung pada Selasa (16/1), para pemain juga telah berjuang habis-habisan untuk terus menjaga asa maju ke babak akhir.

Di nomor ganda putra, wakil Jaya Raya Jakarta, Adrian Pratama/Jonathan Farrel Gosal, akhirnya maju ke final setelah mengalahkan Dexter Farrel/Wahyu Agung Prasetyo (Mansion Exist Badminton) dengan skor 21-18, 21-11.

"Kemenangan ini sangat penting. Tinggal satu laga lagi. Namun kami tidak boleh cepat puas. Harus terus berjuang hingga menang dan bisa masuk ke pelatnas. Untuk final pasti pertandingannya tidak mudah. Kami sudah bersiap untuk all out besok," tutur Jonathan melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Di laga puncak, Adrian/Jonathan akan bertemu Emanuel Joseph Surya Hartono/Muhammad Voyage Afrisal Mahendra (PB Djarum), yang di semifinal mengalahkan Calvin Valentino Sifen Tan/Muhammad Hafizh Deedat Baryadi (Mansion Exist Badminton) melalui straight games 21-18, 21-15.

Di ganda campuran, Muhammad Firza Athallah Putra Sungkono/Geraldine Alexandra Bolang (Djarum Kudus) maju ke final setelah mengalahkan M. Nawaf Khoiriyansyah/Luna Rianty Saffana (Indihome Gideon Badminton) dengan skor 18-21, 21-17, 21-18. "Tadi kami bermain lebih tenang saja. Meski kalah di gim pertama dan sempat ketinggalan di gim kedua, kami bermain lebih fokus dan tidak banyak melakukan kesalahan sendiri," papar Firza.

Di partai final, Firza/Geraldine akan bertemu Bimo Prasetyo/Ziya Syafira Zulfa Putri Abdillah (PB Power Rajawali Tangerang/PB 67 Tangerang). Bimo/Ziya maju ke final dengan mengalahkan Andika Wirapati/Laudya Chelsea Griselda (PB Djarum) dengan skor 21-19, 19-21, 21-12.

"Dari awal kami sudah langsung 'in'. Sementara di gim kedua kami sedikit tertekan. Cuma di gim ketiga kami bisa bermain lebih kompak lagi dan menang. Untuk menghadapi laga final, kami akan bersiap lebih baik lagi. Kesempatan masuk pelatnas, tidak boleh disia-siakan," kata Bimo.

Hari terakhir Seleknas PBSI 2023 berlangsung di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (17/1) dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali laga semifinal tunggal putra dan putri. Sementara partai-partai final dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan lebih dulu mempertandingan nomor ganda dan dilanjutkan final sektor tunggal.