Seleknas PBSI 2023 - Sektor Tunggal Ciptakan Kejutan

Ryan Putra Widyanto (Djarum Badminton)
Ryan Putra Widyanto (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pada perempat final tunggal putra Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2023, kejutan terjadi ketika Ryan Putra Widyanto asal Jaya Raya Jakarta mampu melewati unggulan pertama sekaligus sang juara Kejuaraan Nasional 2023, Moh. Zaki Ubaidillah. Lewat laga ketat, Ryan akhirnya melenggang ke semifinal setelah menang 21-19, 25-23 atas Ubed --sapaan akrab wakil PB Djarum tersebut--.

"Tadi saya hanya bermain sabar, terutama di gim kedua saat ketinggalan 17-20. Sebaliknya Ubed malah tegang dan banyak mati sendiri. Mungkin karena saya tidak diunggulkan, saya malah bisa bermain lebih tenang," ujar Ryan melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Uniknya, pada 10 pertemuan sebelumnya, Ryan selalu kalah dari Ubed. Tetapi pada pertemuan ke-11, terlebih di ajang penting seperti Seleknas 2023, Ryan malah mampu mengalahkan lawan beratnya tersebut. "Mungkin ini keberuntungan saya. Meski begitu saya tidak boleh cepat puas. Masih ada dua pertandingan penting yang harus dijalani," kata Ryan.

Di semifinal, Ryan akan bertemu Hendry Leander asal PB Djarum. Hendry maju ke semifinal setelah menundukkan rekan satu klubnya, Richie Duta Richardo, lewat rubber game 14-21, 21-12, 21-19.

Semifinal lain akan mempertemukan Bismo Raya Oktora (Jaya Raya Jakarta) dan Zidane Cahyo Nugroho (Yonex Sunrise Candra Wijaya). Bismo maju ke babak empat besar usai mengatasi perlawanan Jaden Abdullah Usman Putra Ayus (Mansion Exist Badminton) lewat pertarungan ketat tiga gim 21-15, 17-21, 21-14. Sementara, Zidane menekuk Cristiano Ronaldo Eka Saputra (Mutiara Cardinal Bandung) lewat straight games 21-12, 21-13.

Di sektor tunggal putri, semifinal mempertemukan Kavitha Nadjwa Aulia (Mansion Exist Badminton) dengan Shandy Tirani Mahesi (PB Djarum). Serta Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi (Jaya Raya) melawan Zahra Rahma Kartina (Pelatkot Tangerang Selatan).

Hari terakhir Seleknas PBSI 2023 berlangsung di pelatnas PP PBSI, Cipayung, Jakarta, Rabu (17/1) dimulai pukul 08.00 WIB dengan diawali laga semifinal tunggal putra dan putri. Sementara partai-partai final dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan lebih dulu mempertandingan nomor ganda dan dilanjutkan final sektor tunggal.