Audisi Umum PB Djarum 2-6 Juli 2023

Suasana penyelenggaraan Audisi Umum PB Djarum 2022 di Kudus (Djarum Badminton)
Suasana penyelenggaraan Audisi Umum PB Djarum 2022 di Kudus (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | PB Djarum dan Bakti Olahraga Djarum Foundation akan kembali menyelenggarakan Audisi Umum PB Djarum. Pada tahun ini, proses seleksi akan dipusatkan di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, selama lima hari yakni pada 2–6 Juli. Audisi Umum ini menyasar dua kelompok usia, yakni U-11 yaitu peserta dengan usia 8–10 tahun atau kelahiran tahun 2013–2015, serta U-13 (peserta dengan usia 11–12 tahun atau kelahiran tahun 2011–2012), baik putra dan putri.

Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin menyatakan, kembali diselenggarakannya Audisi Umum merupakan upaya PB Djarum dalam memperkuat roda ekosistem bulu tangkis di Indonesia dan proses regenerasi demi melahirkan pahlawan bulu tangkis Indonesia di masa mendatang. Diharapkan dengan kejayaan bulu tangkis akan mampu memperkuat persatuan kita sebagai bangsa.

"Penyelenggaraan Audisi Umum yang diadakan setiap tahun bukan hanya rutinitas menjaring bibit-bibit berkualitas semata, tapi lebih kepada upaya mendorong agar ekosistem bulu tangkis terus berputar," kata Yoppy, melalui siaran pers PB Djarum, Kamis (16/3).

"Dengan selalu diselenggarakannya Audisi Umum, kami berharap menghasilkan efek positif bagi seluruh stakeholder yang ada di dunia bulu tangkis, mulai dari atlet, pelaksana event, hingga klub-klub bulu tangkis," Yoppy, menambahkan.

Berputarnya ekosistem bulu tangkis nasional, lanjutnya, merupakan elemen penting yang bermuara pada lahirnya pahlawan-pahlawan olahraga pukul bulu ini, yang kelak mengharumkan nama bangsa. "Audisi Umum tidak selalu tentang berapa banyak atlet yang akan bergabung dengan PB Djarum. Tapi tujuan Audisi Umum lebih besar daripada hal tersebut, yaitu memberi dorongan kepada atlet-atlet muda di seluruh Indonesia bahwa inilah waktunya untuk membela Indonesia melalui bulu tangkis," jelasya.

Audisi Umum merupakan pesan nyata bagi seluruh atlet di Indonesia untuk menunjukkan kualitasnya, demi bergabung dengan PB Djarum dan bersama-sama membela Indonesia di panggung dunia. "Audisi Umum tidak selalu tentang berapa banyak atlet yang akan bergabung dengan PB Djarum. Tapi tujuan Audisi Umum lebih besar daripada hal tersebut, yaitu memberi dorongan kepada atlet-atlet muda di seluruh Indonesia bahwa inilah waktunya untuk membela Indonesia melalui bulu tangkis. Dan PB Djarum siap memfasilitasi perjuangan mereka," kata Yoppy.

"Untuk itu, melalui Audisi Umum kami memanggil bibit-bibit berbakat dari Sabang hingga Merauke untuk berpartisipasi dalam proses seleksi ini," pungkasnya.

Berkaca pada tahun lalu, tak kurang 2.000 pebulu tangkis datang dari berbagai daerah di Tanah Air demi berjuang memperebutkan Djarum Beasiswa Bulutangkis dari Bakti Olahraga Djarum Foundation. Tak hanya dari Pulau Jawa, tidak sedikit pula peserta yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Pulau Sumatera dan belahan barat Indonesia yang diwakili oleh Aceh, Medan, Palembang, Riau, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung. Sementara dari bagian timur Indonesia terdapat peserta dari di Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua.

Untuk mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2023, para calon peserta dapat mendaftarkan diri secara daring melalui laman https://pbdjarum.org/klub/beasiswa-bulutangkis/ yang telah dibuka pada Rabu (15/3).