Peringkat Kevin/Marcus Akan Menurun

Kevin Sanjaya Sukamuljo & Marcus Fernaldi Gideon (Djarum Badminton)
Kevin Sanjaya Sukamuljo & Marcus Fernaldi Gideon (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sempat tidak tergoyahkan dari puncak peringkat dunia selama sekitar lima tahun. Kini, pasangan berjuluk "Minions" itu harus bersiap menjalani persaingan di turnamen BWF World Tour berlevel rendah, setelah mereka batal tampil di All England 2023, 14-19 Maret, di Birmingham, Inggris. Akibat absen, "Minions" tidak bisa mempertahankan 8.400 poin yang didapat dari All England 2022.

"Peringkat dunia ganda putra bulu tangkis Indonesia itu akan turun dari posisi ke-19 karena absen di All England 2023," demikian Kompas melaporkan pada Senin (13/3).

Media harian tersebut juga menyebutkan, sebagai konsekuensi absen dari All England 2023, besar kemungkinan "Minions" tidak bakal mendapatkan tempat di turnamen level Super 1000 dan 750. Adapun untuk level 500 dan 300, keikutsertaan Kevin/Marcus akan ditentukan oleh peringkat, apakah dapat langsung bertanding di babak utama atau harus mengkuti kualifikasi terlebih dahulu.

Sementara, melalui siaran pers Humas PP PBSI, pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia, Herry Iman Pierngadi berpesan kepada pasangan dua kali juara All England itu, untuk tidak putus asa dan tidak menyerah. "Memang kemungkinan setelah absen di All England ini peringkatnya akan turun. Namun, tidak masalah nanti kita start dari Super 300 dulu," tuturnya.

Sejatinya, "Minions" menjadi salah satu dari enam wakil Indonesia pada nomor ganda putra yang bersaing di turnamen level BWF World Tour Super 1000 tersebut. Pada babak pertama, Kevin/Marcus dijadwalkan bertemu Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari India.

Berdasarkan keterangan resmi induk organisasi olahraga pukul bulu tersebut, Kevin/Marcus memutuskan mundur dari turnamen yang digelar sejak 1899 itu, dikarenakan Kevin belum pulih 100 persen pascaterserang demam berdarah dengue (DBD), sepuluh hari sebelum keberangkatan ke Inggris. "Sebetulnya secara persiapan Marcus/Kevin cukup baik, akan tetapi 10 hari sebelum keberangkatan, Kevin positif DBD," ungkap Herry.

"Setelah istirahat dan diobati, hari Rabu (8/3) kemarin sudah latihan. Lalu Marcus/Kevin berdiskusi, Kevin mengatakan dia tidak bisa siap 100 persen. Akhirnya setelah konsultasi dengan saya dan Aryono, diputuskan bersama untuk tidak berangkat," Herry, menambahkan.

Dengan mundurnya "Minions", Indonesia menyisakan lima pasangan ganda putra di All England 2023. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.