Terinspirasi Oleh PBSI, BAM Berencana Tarik Kembali Tan Boon Heong

Internasional ‐ Created by AH

Langkah PBSI untuk menarik kembali pebulutangkis spesialis ganda putra senior, Hendra Setiawan, nampaknya menginspirasi Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM). Hendra yang memperkuat skuad Merah-Putih di ajang Badminton Asia Championships 2018 beberapa waktu lalu, dan mampu memberikan pengaruh positif di beberapa pertandingan hingga membawa Indonesia mampu mempertahankan gelar juara.

Di partai keempat bersama Rian Agung Saputro, Hendra mampu meraih kemenangan dan menjadikan skor 3-1 atas Tiongkok. sepertinya hal itu menjadi penilaian khusus bagi BAM untuk melakukan hal yang sama, yakni menarik kembali pemain seniornya, Tan Boon Heong, untuk masuk ke dalam skuad timnas Malaysia. Sebelumnya Tan sendiri justru sempat berpasangan dengan Hendra.

Menurut BAM, kehadiran Tan diperkirakan akan memperkuat sektor ganda Malaysia yang sudah diisi oleh Goh V Shem/Tan Wee Kiong, Ong Ywe Sin/Teo Ee Yi, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani, dan Chooi Kah Ming/Low Juan Shen.

Keputusan BAM tersebut membuat Tan memiliki kesempatan untuk bermain di putaran final Piala Thomas di Bangkok, Thailand, 20-27 Mei mendatang. "Boon Heong ditawari di BAM dalam jangka panjang guna memperkuat sektor ganda," ujar ketua BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, dilansir dari The Star, Rabu (14/2/2018).

"Goh/Tan dikonfirmasi sebagai pasangan ganda nomor satu, tetapi saya khawatir dengan penampilan ganda kedua," lanjut Norza.

Selanjutnya, Norza sudah menginstruksikan pelatih kepala nasional, Cheah Soon Kit, untuk meninjau dan melakukan evaluasi tim. "Kami ingin menjadi kuat dan tangguh di bulan Mei," tutur Norza lagi.

Malaysia sendiri di ajang Badminton Asia Championships pekan lalu finis sebagai semifinalis setelah takluk di tangan Tiongkok 1-3.