Piala Sudirman 2023 - Tim Indonesia Bertolak ke Suzhou

Skuad Indonesia Bertolak ke Suzhou (Humas PP PBSI)
Skuad Indonesia Bertolak ke Suzhou (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia dengan berbekal tekad kuat dan semangat kebersamaan, bertolak meninggalkan Tanah Air menuju Suzhou, China. Skuad "Merah Putih" membawa ambisi besar, yaitu ingin memboyong kembali Piala Sudirman. Berkekuatan 20 pemain putra-putri, tim "Merah Putih" bertolak dari Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (11/5) pukul 11.15 WIB.

Dipimpin manajer tim Armand Darmadji, tim Indonesia terbang menuju Singapura dengan menggunakan maskapai Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ 957.

Setelah transit sekitar tiga jam, tim Piala Sudirman akan meneruskan perjalanan dengan maskapai yang sama, nomor penerbangan SQ 836. Berangkat dari Bandara Changi pukul 17.25 menuju Bandara Udara Internasional Pudong, Shanghai.

"Hari ini kami bertolak ke Suzhou dengan membawa misi besar. Yaitu ingin merebut kembali Piala Sudirman. Sudah 34 tahun kita menanti lambang supremasi bulu tangkis beregu campuran dunia ini belum bisa kembali ke Tanah Air," kata Armand melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Piala Sudirman tahun ini bakal berlangsung di Suzhou, China, 14-21 Mei 2023. Indonesia tergabung di grup B bersama Kanada, Jerman, dan Thailand.

Lebih lanjut Armand menyatakan, tim juga dalam kondisi baik. Sebanyak 20 pemain putra-putri, dalam kondisi sehat dan punya semangat tinggi. Didukung pelatih teknik, pelatih fisik, dokter, terapis, masseur, video analisis, dan media, skuad "Merah Putih" siap tempur. "Kita sudah siap tempur. Para pemain dan pelatih, serta tim supporting juga dalam kondisi baik. Kita siap berjuang penuh semangat. Dengan kebersamaan dan kekompakan, tim bulu tangkis Indonesia ingin memboyong Piala Sudirman kembali ke Tanah Air," Armand, mengungkapkan.

Satu hari sebelum berangkat, tim Piala Sudirman menjalani tes swab PCR di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarra Timur, Rabu (10/5) pagi. Tes ini merupakan syarat untuk melakukan perjalanan masuk ke negeri tirai bambu.

Indonesia berangkat ke Suzhou dengan kekuatan terbaik. Di tunggal putra diperkuat Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Untuk tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Pada ganda putra, Indonesia mengandalkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Sedangkan di ganda putri, diperkuat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari. Sementara di ganda campuran masih ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.