SEA Games 2023 - Beregu Putra dan Putri Berpeluang "Kawinkan" Medali Emas

Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Chico Aura Dwi Wardoyo (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Phnom Penh | Tim bulu tangkis beregu putra dan beregu putri Indonesia sukses melaju ke final SEA Games 2023 Kamboja. Tim putri menang dengan skor sempurna 3-0 atas Filipina, sementara tim putra menang 3-1 atas Singapura, pada laga semifinal yang berlangsung di Badminton Hall Morodok Techo, Rabu (10/5). Dengan demikian, terbuka peluang bagi skuad "Merah Putih" utuk "mengawinkan" medali emas dari kedua sektor tersebut.

Beregu putri terlebih dahulu memastikan satu tempat di laga puncak usai mengatasi perlawanan Filipina. Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo menyumbang angka di pertandingan semifinal.

Setelah itu, giliran beregu putra yang melangkah ke final setelah mengatasi Singapura. Chico Aura Dwi Wardoyo, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan menjadi aktor kemenangan Merah-Putih, hanya Christian Adinata yang gagal mencetak angka.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky memberikan komentar usai keberhasilan tersebut. "Beregu putri tampil bagus hari ini, dari ketenangan, mental, itu didukung dengan istirahat, permanasan yang cukup dan sudah siap saat masuk lapangan," kata Rionny, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Untuk beregu putra secara keseluruhan cukup baik, ya, pertandingan pertama langsung semifinal tapi mereka bisa bermain dengan ketenangan dan keyakinan. Hanya tadi memang di Christian (Adinata) yang sebenarnya kemarin di level super 300 penampilannya sedang bagus tapi hari ini ada kendala di pola main, ragu-ragu mau main menyerang atau bertahan balik serang," Rionny, menjelaskan.

Di final, beregu putri akan ditantang unggulan pertama Thailand. Turun dengan beberapa pemain terbaiknya, seperti duo ganda Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard serta pemain tunggal Lalinrat Chaiwan, Thailand tentunya akan menjadi lawan tangguh bagi srikandi Indonesia yang tampil dengan matari pemain-pemain muda.

"Untuk beregu putri besok di final hadapi Thailand tidak ada strategi khusus. Tapi memang kekuatan kan kita kan para pemain muda yang sedang menanjak performanya sementara Thailand punya pemain-pemain yang berpengalaman, jadi besok kami tim pelatih harus menenangkan para pemain ketika masuk lapangan," kata Rionny.

"Ya maunya juara dan main bagus besok, jadi belum puas. Semoga besok beregu putri bisa all out dan maksimal," tambahnya.

Sementara, beregu putra Indonesia bakal bertemu Malaysia, yang di semifinal secara dramatis menyingkirkan Thailand dengan skor 3-2. "Untuk beregu putra saya harap bisa bermain normal besok. Kalau bermain normal, saya yakin kita bisa menang dari Malaysia dan ambil medali emas," demikian Rionny.