Luxembourg Open 2022 - Lima Wakil Tembus Final, Tunggal Putri Pastikan Gelar Juara

Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo (Djarum Badminton)
Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia menempatkan lima wakil di final Luxembourg Open 2022, masing-masing satu wakil pada sektor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Laga "all-Indonesian finals" tercipta pada nomor tunggal putri yang mempertemukan Aura Ihza Aulia dengan Chiara Marvella Handoyo. Bernadine Anindiya Wardana akan bermain rangkap di partai puncak turnamen ini, yakni pada sektor ganda putri dan ganca campuran.

Bertempat di d'Coque Centre National Sportif & Culturel, Luksemburg, Sabtu (7/5) para pemain harus melalui pertandingan pada babak perempat final dan semifinal di hari yang sama.

Aura menang di perempat final atas unggulan kelima dari Denmark, Ronja Stern, melalui rubber game 21-14, 10-21, 21-18. Di semifinal, Aura membutuhkan waktu 29 menit untuk menyingkirkan pemain Belanda, Jaymie Laurens, dua gim langsung 21-12, 21-18.

Rekan Aura sesama pemain tunggal putri, Chiara, meraih tiket semifinal setelah menang atas pemain keturunan Indonesia yang mewakili Swiss, Dounia Pelupessy, dengan skor 21-12, 21-17. Di babak empat besar, Chiara menyudahi perlawanan wakil Inggris, Gauri Shidhaye, dengan straight games 1-16, 21-9.

Aura dan Chiara merupakan para finalis tunggal putri yang tercatat memulai perjuangan mereka di turnamen International Series ini melalui babak kualifikasi.

Sementara, ganda putra Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo menang atas unggulan kedua asal Jerman, Felix Hammes/Christopher Klauer, dengan skor 21-14, 21-15. Di babak semifinal, Putra/Patra berhasil bangkit untuk menyudahi langkah unggulan keempat asal Denmark, Kristian Kræmer/Marcus Rindshøj, melalui drama tiga gim 19-21, 21-18, 22-20.

Ini merupakan final kedua dalam dua pekan berturut-turut bagi Putra/Patra, setelah sebelumnya sukses mencapai final dan keluar sebagai juara Stockholm Junior 2022.

Ganda putri Titis Maulida Rahma/Bernadine Anindiya Wardana memenangkan laga perempat final atas wakil Inggris, Annie Lado/Estelle van Leeuwen, 21-18 21-18. Titis/Bernadine merebut tiket ke final Luxembourg Open 2022 usai melalui drama tiga gim 21-19, 12-21, 24-22 atas Ann-Sofie Husher Ruus/Frederikke Lund dari Denmark, dalam pertarungan berdurasi 56 menit.

Bernadine akan kembali bermain di partai puncak ganda campuran, berpasangan dengan Verrell Yustin Mulia. Serupa dengan Aura dan Chiara, Bernadine/Verrel memulai perjuangan dari babak kualifikasi hingga akhirnya menembus babak final.

Berikut susunan pertandingan final Luxembourg Open 2022, Minggu (8/5), mulai pukul 10:00 waktu setempat atau 15:00 WIB:

Ganda Campuran
Lucas Corvee/Sharone Bauer (Prancis) vs. Verrell Yustin Mulia/Bernadine Anindiya Wardana

Tunggal Putri
Aura Ihza Aulia
vs. Chiara Marvella Handoyo

Tunggal Putra
Mads Christophersen (Denmark/1) vs. Jonathan Dolan (Irlandia/7)

Ganda Putri
Abbygael Harris/Hope Warner (Inggris/3) vs. Titis Maulida Rahma/Bernadine Anindiya Wardana

Ganda Putra
Andreas Søndergaard/Jesper Toft (Denmark/3) vs. Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo