Kejuaraan Dunia 2023 - Ribka: Kami Harus Cepat Adaptasi

Lanny Tria Mayasari, Eng Hian, dan Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Lanny Tria Mayasari, Eng Hian, dan Ribka Sugiarto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Kopenhagen | Ganda putri Indonesia Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto menyataan siap tempur pada Kejuaraan Dunia 2023. Mereka akan melawan wakil Jerman, Stine Kuespert/Emma Moszczynski, di babak 64 besar pada Senin (21/8) di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark. Meski telah menjajal arena pertandingan, pasangan berperingkat 31 dunia ini menyatakan tetap mewaspadai perubahan angin di lapangan saat pertandingan.

"Persiapan kami sudah enak. Kemarin sudah mencoba lapangan di Main Hall. Memang lapangan ada yang menang dan kalah angin. Jadi kami harus cepat adaptasi. Kami saat masuk lapangan, juga harus langsung in," kata Ribka melalui siaran pers Humas PP PBSI, Minggu (20/8) petang WIB.

"Karena ini pertama kali kami bertemu, kami harus siap saja. Kami harus bisa main pintar. Sebisa mungkin bermain dengan pola no lob," Ribka, menambahkan.

Dalam catatan head-to-head, kedua pasangan belum memiliki rekor pertemuan. Jika berhasil melalui babak pertama, Lanny/Ribka bakal bertemu unggulan teratas asal China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyatakan, semua pemain dalam kondisi baik dan sehat. Pemain juga sudah menjalani latihan di tempat latihan dan pertandingan. Pemain juga memiliki semangat besar dan siap bertempur untuk turun bertanding di babak pembuka Kejuaraan Dunia 2023 pada Senin (21/8).

"Puji Tuhan, kondisi pemain semua baik dan sehat. Mereka semua telah mempersiapkan diri dengan baik. Selama latihan tiga kali, saya melihat pemain begitu fokus dan sepertinya tidak sabar untuk segera turun bertanding," kata Rionny.

Lokasi Royal Arena yang bakal menjadi tempat pertandingan berkapasitas 13 ribu tempat duduk ini berada di luar kota. Dari hotel ditempuh dengan bus sekitar 20 menit. Arena multifungsi yang juga bisa digunakan untuk konser ini termasuk baru dan mulai beroperasi sejak tahun 2017.

Panggung bagi kejuaraan dunia bulu tangkis di Royal Arena, Kopenhagen, 21-27 Agustus, juga telah rampung. Terdapat empat lapangan yang bakal menjadi tempat pertandingan kejuaraan dunia edisi ke-28 ini.