Indonesia Masters 2024 - Perjuangan Ginting Terhenti di Semifinal

Anthony Sinisuka Ginting (Djarum Badminton)
Anthony Sinisuka Ginting (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting tertahan langkahnya melaju ke final turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2024 seusai menyerah dari Brian Yang di babak empat besar. Bertanding di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (27/1), atlet kelahiran 20 Oktober 1996 itu menyerah lewat pertarungan rubber game 21-13, 17-21, 19-21 atas pebulu tangkis berperingkat 24 dunia tersebut.

Sejatinya, pemain asal Cimahi itu memegang kendali permainan sejak awal laga. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 tersebut terlihat mampu mendominasi, sehingga Brian kesulitan mengembangkan permainan.

Momentum kemudian pindah setelah Brian mengambil inisiatif untuk bermain menyerang di gim kedua guna mengembalikan kedudukan. Dengan pola permainan tersebut, Anthony terlihat kesulitan untuk mengontrol pertandingan, sehingga harus mengakui keunggulan tunggal putra Kanada kelahiran 25 November 2001 itu lewat pertarungan berdurasi 79 menit.

"Pertandingan yang berjalan dengan ketat dari awal laga hingga akhir. Menurut saya di laga ini kuncinya pada akhir-akhir pertandingan saat sudah unggul, lawan mengubah pola permainan sehingga saya sulit untuk mengantisipasi," tutur Anthony melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Saat lawan mengubah pola permainan, saya merasa kurang berani dalam bermain dan nekat saat poin-poin kritis. Muncul rasa ragu dalam bermain sehingga ada keraguan dalam menyerang," juara Badminton Asia Championships 2023 itu, menambahkan

ALhasil, juara Singapore Open 2023 itu gagal melanjutkan tren positif seusai di tiga pertemuan terakhir unggul melawan Brian. Pada perjumpaan terakhir di 32 besar Hong Kong Open 2023, Anthony juga mampu menang dengan skor telak atas Brian dengan skor 21-9, 21-14.

Anthony melihat permainan Brian pada turnamen BWF World Tour Super 500 terlihat menanjak, dengan keberhasilannya mengalahkan sejumlah pebulu tangkis ternama sejak babak 32 besar.

Tidak heran penampilan Brian terlihat lebih percaya diri sehingga mampu meraih kemenangan perdananya atas Anthony. "Pada laga ini saya juga sempat membuat Brian bermain ke dalam pola permainan saya seperti di pertemuan sebelumnya. Saya menilai Brian sebagai pemain yang sangat diwaspadai," papar Anthony.

"Terbukti progres permainan Brian Yang di turnamen ini terbilang menanjak seusai mengalahkan pemain-pemain seperti Li Shi Feng, Priyanshu Rajawat, dan Lee Zii Jia. Suasana pertandingan kemudian juga berubah seusai menang melawan pemain-pemain seperti itu. Hal itu yang juga membuat lawan tampaknya bisa mengantisipasi serangan saya," Anthony, menjelaskan.

Brian melaju ke partai puncak dan akan menantang Anders Antonsen. Pada laga sebelumnya, juara Malaysia Open 2024 asal Denmark itu mengatasi perlawanan wakil Thailand, Kunlavut Vitidsarn, dengan skor 21-14, 21-8.