Indonesia Masters 2024 - Tiga Final Beruntun bagi Zhang/Zheng

Zhang Shu Xian/Zheng Yu (Djarum Badminton)
Zhang Shu Xian/Zheng Yu (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Zhang Shu Xian/Zheng Yu berhasil mencatatkan final ketiga mereka pada awal musim kompetisi 2024. Setelah menjadi runner-up pada Malaysia Open 2024 dan India Open 2024, ganda putri China itu kembali mencapai partai puncak, kali ini pada turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2024.

Di babak delapan besar yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (27/1), Zhang/Zheng menang rubber game 21-12 12-21 21-14 atas Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dalam tempo 75 menit. Inilah kemenangan perdana pasangan berperingkat enam dunia tersebut atas Jongkolphan/Rawinda.

"Kami menggunakan pengalaman kami sebelumnya memainkan pasangan ini untuk menemukan solusi yang tepat. Bisa dibilang kami belajar dari kekalahan itu,” kata Zhang, mengutip laporan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

"Kami mencoba mengatasi tantangan dan mendapatkan kecepatan serta kendali kok yang tepat. Kami juga menyaksikan pertandingan perempat final mereka (melawan Li Wen Mei/Liu Xuan Xuan) untuk mengambil persiapan menghadapi pertandingan ini," Zhang, menambahkan.

Zhang/Zheng adalah satu-satunya pemain atau pasangan yang mencapai final dari tiga turnamen anyar di musim pembuka tur dunia BWF yang baru. Namun, mereka harus puas menempati podium kedua di Malaysia dan India.

Keduanya sepikiran, rasa percaya diri yang membuat mereka dapat terus mencapai sukses dengan menembus tiga final di tiga turnamen yang berbeda. "Ya (rasa percaya diri), dan kami akan berusaha menjadi juara kali ini," tegas Zheng.

Di final, Zhang/Zheng akan bertemu rekan senegaranya, Liu Sheng Shu/Tan Ning. Kedua pasangan telah mengantongi dua kemenangan dalam empat pertemuan, dengan Liu/Tan memenangkan pertandingan terakhir mereka di final Malaysia Open 2024 di Kuala Lumpur, dua pekan silam.