Indonesia Masters 2024 - Leo/Daniel Kembali ke Final

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Djarum Badminton)
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjaga asa mempertahankan gelar turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2024 dengan melangkah ke partai pemungkas. Dalam laga yang digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (27/1) malam WIB, Leo/Daniel menang melawan rekan satu negaranya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dengan skor 19-21, 21-14, 21-17.

Pada pertandingan ini ganda putra berperingkat 11 dunia itu mengaku mempersiapkan diri dengan maksimal menghadapi juara All England 2023 tersebut.

Dengan banyak komunikasi di lapangan satu sama lain, peraih medali emas SEA Games Hanoi 2021 itu terlihat lebih siap untuk menghadapi Fajar/Rian, di babak empat besar turnamen BWF World Tour Super 500 tersebut.

Alhasil, juara Singapore Open 2022 itu mampu meraih kemenangan lewat pertarungan rubber game dalam tempo 1 jam 11 menit. "Kami saling berkomunikasi dan berdoa satu sama lain agar dimudahkan menghadapi pertandingan ini. Bersyukur kami bisa memenangkan pertandingan," ungkap Daniel.

Dengan hasil ini Leo/Daniel tercatat meraih kemenangan keempatnya atas ganda putra berperingkat tujuh dunia tersebut.

Pada pertemuan sebelumnya di final Singapore Open 2022, Leo/Daniel juga mampu meraih kemenangan dengan skor 9-21, 21-14, 21-16 atas Fajar/Rian.

Melihat hasil tersebut runner up Hylo Open 2021 itu merendah mengingat saat ini seluruh ganda putra di pelatnas PP PBSI di Cipayung, Jakarta, memiliki kekuatan yang merata dan punya kans saling mengalahkan. "Kami menilai semua pasangan sekarang sudah merata. Menurut kami menang kalah itu biasa, pada laga ini kami melihat siapa yang siap di lapangan yang bisa memenangkan pertandingan," tambah Daniel.

Di final, Minggu (28/1), Leo/Daniel di final berhadapan dengan pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Pada pertandingan sebelumnya, ganda putra berperingkat itu mengatasi perlawanan wakil China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, dengan skor 21-14, 21-19.

Menghadapi runner-up BWF World Championships 2023 itu, Leo/Daniel bertekad mempersiapkan dengan matang untuk bisa menjaga kans mempertahankan gelar juara.

Menilik catatan head-to-head, juara Thailand Masters 2023 itu kalah lima kali dari delapan perjumpaan terakhir. Pada pertemuan terakhir di babak 32 besar Malaysia Open 2024, Leo/Daniel kalah dua gim langsung 16-21, 10-21 dari ganda putra berperingkat empat dunia itu. "Menghadapi partai final esok hari kami akan mempelajari permainan lawan malam ini dan besok pagi. Persiapan untuk laga final besok akan kami persiapkan khusus terutama fokus," ujar Leo.

"Pastinya sangat senang dan bangga dengan raihan kembali masuk ke final setelah terakhir di Hong Kong Open 2023. Kami tidak boleh jemawa dengan hasil ini dan akan mempersiapkan diri sebaik mungkin di final besok," demikian Leo.