Indonesia Masters 2024 - Tiga Pemain Non-unggulan Tembus Final

Nozomi Okuhara (Djarum Badminton)
Nozomi Okuhara (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sebanyak tiga pemain non-unggulan berhasil mencapai partai puncak Indonesia Masters 2024, yang digelar pada Minggu (28/1) di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Mereka adalah tunggal putri asal Kanada, Brian Yang, serta dua wakil Jepang, Nozomi Okuhara (tunggal putri) serta Hiroki Midorikawa/Natsu Saito (ganda campuran).

Di final turnamen level BWF World Tour Super 500 ini, Brian akan menantang pebulu tangkis Denmark, Anders Antonsen. Di semifinal Antonsen mengatasi perlawanan tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn, dengan skor 21-14, 21-8. Sementara, Brian di luar dugaan mengalahkan andalan tuan rumah, Anthony Sinisuka Ginting di hadapan publik Istora lewat pertarungan sengit 13-21, 21-17, 21-19.

Kemudian di sektor tunggal putri akan menyajikan pertarungan sengit antara wakil China, Wang Zhi Yi, melawan Okuhara. Wang lolos ke partai puncak seusai mengatasi perlawanan rekan satu negaranya, He Bing Jiao dengan skor 18-21, 21-14, 21-7.

Sementara, Okuhara juga meraih kemenangan melawan sesama wakil Jepang, Natsuki Nidaira dengan skor 21-16, 24-22 untuk bisa tampil di partai puncak turnamen.

Dari sektor ganda putri akan terjadi final sesama wakil China antara Zhang Shu Xian/Zhen Yu dan Liu Shen Shu/Tan Ning. Zhang/Zheng melaju ke partai final seusai menumbangkan wakil Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, lewat pertarungan ketat 21-12, 12-21, 21-14.

Liu/Tan tampil di partai final seusai mengalahkan wakil tuan rumah, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, melalui straight games 21-14, 21-11.

Adapun dari ganda campuran akan mempertandingkan pasangan China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, melawan Hiroki Midorikawa/Natsu Saito (Jepang). Zheng/Huang menjaga asa meraih gelar di Jakarta seusai menumbangkan pasangan Korea Selatan, Kim Won Ho/Jeong Na Eun dengan skor 21-11, 21-18.

Midorikawa/Saito melaju ke final seusai menang melawan wakil Denmark, Jesper Toft/Clara Graversen, via dua gim langsung 21-12, 21-13.

Partai final turnamen Indonesia Masters 2024 berlangsung pada Minggu (28/1) mulai pukul 13.00 WIB. Pertandingan tersebut dapat disaksikan di layar kaca melalui iNews TV atau streaming via Vision+. Berikut jadwal pertandingan:

  • Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China/1) vs. Hiroki Midorikawa/Natsu Saito (Jepang)
  • Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China/3) vs. Liu Sheng Shu/Tan Ning (China/4)
  • Wang Zhi Yi (China/8) vs. Nozomi Okuhara (Jepang)
  • Anders Antonsen (Denmark/8) vs. Brian Yang (Kanada)
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (Indonesia/7) vs. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark/2)