Duo Korsel Ini Cukup "Main Mata" untuk Berkomunikasi

KIM So Yeong/KONG Hee Yong (KOR)
KIM So Yeong/KONG Hee Yong (KOR)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Beragam cara dilakukan atlet ganda untuk dapat saling berkomunikasi saat bertanding. Contohnya, memberi kode dengan jari telunjuk, jempol, atau kelingking. Nah, ganda putri Korea Selatan (Korsel) Kong Hee-yong/Kim So-yeong cukup menggunakan sepasang mata bola mereka masing-masing untuk saling berkomunikasi satu sama lain ketika berlaga.

"Kami jarang berbicara banyak. Kami dapat mengetahui perasaan satu sama lain hanya dengan gerak bola mata kami. Jika perlu berbicara hanya ketika saya melihat rasa gugup muncul dari So-Yeong," tutur Kong, dilansir bwfbadminton.com.

"(Berkomunikasi dengan mata) Adalah cara saya untuk membuka peluang bagi Hee-yong untuk menyerang penuh," ujar Kim, menimpali pernyataan tandemnya itu.

Kim/Kong merupakan satu dari dua ganda putri yang mengisi skuat bulu tangkis Korsel pada Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Berbagai program latihan, termasuk latih-tanding dengan ganda putra, dilakukan oleh Kim/Kong guna menyiasati minimnya pertandingan, imbas wabah global virus korona.

Pasangan penghuni ranking 5 dunia ini bertekad menyudahi paceklik 29 tahun tanpa medali emas ganda putri di ajang multi-cabang empat tahunan tersebut. "Jelas, tujuan kami di Tokyo adalah meraih medali emas," kata Kong.