Thomas Cup 2024 - Perjuangan Berat Menanti di Delapan Besar

Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kemenangan 4-1 atas juara bertahan India di laga terakhir fase grup, mengukuhkan Indonesia sebagai juara Grup C Piala Thomas 2024. Berdasarkan hasil undian yang berlangsung pada Rabu (1/5) malam di Chengdu, China, skuad putra "Merah Putih" akan berhadapan dengan Korea Selatan, yang menyelesaikan fase grup selaku runner-up.

Sementara, runner-up Grup C India, yang mencuri satu kemenangan dari Indonesia melalui tunggal pertama Prannnoy H.S., bertemu tuan rumah China di perempat final kejuaraan beregu terbesar dan bergengsi di dunia ini.

Pertandingan terakhir fase grup antara India dan Indonesia, bisa dikatakan adalah laga ulangan final Piala Thomas 2022. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), melalui lamannya menyebut, pertarungan antara Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri sebagai sebuah pertandingan yang luar biasa. Perjuangan duo India memaksa pertandingan menuju gim ketiga, setelah mereka sukses menyelamatkan enam match point di gim kedua.

Kejadian serupa hampir kembali tercipta di gim penentu. Namun, Bagas/Fikri sukses mengunci kemenangan dan juara All England 2022 itu mengakhiri laga berdurasi 77 menit tersebut dengan skor 24-22, 22-24, 21-19. "Saya merasa senang dengan kemenangan ini, meski saya tadi cukup grogi di lapangan," tuturnya, sebagaimana diwartakan BWF.

"Ini bukan soal keberuntungan, tetapi kami harus tangguh dan percaya diri di lapangan. Kami kehilangan banyak match point. Namun, pelatih kami tidak memarahi kami, dia mengatakan kepada kami bahwa itu tidak masalah," tambah pemain asal klub SGS-PLN Bandung ini.

Sementara, tunggal kedua Indonesia, Jonatan Christie, melewati laga ketat berdurasi 75 menit dan berhasil menundukkan Lakshya Sen. "Saat Anda bermain di kejuaraan besar, yang terpenting adalah mental dan semangat juang," kata tunggal putra peraih gelar juara All England 2024 ini.

"Hari ini sekali lagi sangat sulit melawan India. Sebelumnya (di final Piala Thomas 2022) kami kalah 3-0. Itu sangat sulit. Kini, kami memiliki motivasi untuk melakukannya dengan baik. Dan kami berusaha sekuat tenaga di setiap poin. Saya juga mengatakan kepada rekan-rekan satu tim saya, apa pun hasilnya, kita telah memberikan yang terbaik," demikian Jonatan.

Berikut susunan pertandingan babak delapan besar Piala Thomas 2024:

  • China vs. India
  • Japan vs. Malaysia
  • Taiwan vs. Denmark
  • Korea Selatan vs. Indonesia