China Open 2023 - Fajar/Rian Kalah Lagi di Babak 32 Besar

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersingkir cepat dari China Open 2023, Selasa (5/9), gagal menghentikan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen asal Denmark. Ganda putra nomor satu dunia itu kalah 19-21, 19-21, di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, China. Sebelum kekalahan di babak 32 besar turnamen level Super 1000 ini, pekan lalu, Fajar/Rian juga kalah di babak 32 besar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Dunia 2023, setelah mendapatkan bye di babak 64 besar.

"Hasil yang bukan menjadi harapan kami berdua. Lawan bermain sangat sabar dan percaya diri, mau menyerang ataupun bertahan mereka siap. Dibandingkan kami, mereka lebih safe mainnya terutama di poin-poin kritis," kata Fajar kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Ada beberapa momen bola tanggung, mereka bisa mengembalikan, itu cukup berpengaruh bagi kami karena di pertandingan seperti ini satu poin sangatlah penting," tambahnya.

Sementara, Rian mengaku keduanya gagal memanfaatkan keunggulan yang telah mereka raih di sepanjang pertandingan. "Harusnya bola bisa masuk dulu, tapi kami malah terburu-buru ingin mendapat poin," tuturnya.

Fajar juga mengakui, keduanya tengah berada pada fase penurunan performa pascakekalahan demi kekalahan yang dialami juara All England 2023 ini. Banyak hal yang mesti dievaluasi. "Selain teknis, faktor non-teknis kami juga harus evaluasi," tegas atlet asal klub SGS-PLN Bandung ini.

"Beberapa kali kalah di babak pertama pasti membuat lawan lebih percaya diri untuk bertemu kami. Ini yang harus kami cari solusi secepatnya," pungkasnya.