BWF WTF 2023 - Gregoria: Grup Mana Pun Pasti Sulit

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Untuk kedua kali Gregoria Mariska Tunjung beruntun lolos ke BWF World Tour Finals (WTF). Atlet tunggal putri andalan Indonesia memprediksi, Persaingan nomor tunggal putri akan berjalan lebih ketat sejak awal. Dari undian pembagian grup yang akan dilakukan pada 11 Desember, kedelapan pemain akan memulai persaingan dengan format round robin. Dua peringkat teratas dari dua grup akan melanjutkan perjalanan ke semifinal.

"Mau masuk grup mana pun pasti sulit karena semua yang main di sini adalah delapan pemain yang bagus semua. Di tahun lalu jadi contoh dan itu juga jadi pembelajaran buat saya," ungkap Gregoria, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Sabtu (9/12) malam WIB.

Terdapat perubahan pada peringkat delapan besar tunggal putri yang bakal bersaing pada BWF World Tour Finals (WTF) 2023 di Hangzhou, China, 13-17 Desember. Kim Ga Eun asal Korea Selatan dipromosikan menggantikan juara bertahan Akane Yamaguchi dari Jepang yang masih dalam masa pemulihan cedera.

Delapan pesaing di sektor tunggal putri adalah An Se Young asal Korea Selatan, Chen Yu Fei (China), Tai Tzu Ying (Taiwan), Carolina Marin (Spanyol), Han Yue (China), Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia), Beiwen Zhang (Amerika Serikat), dan Kim Ga Eun (Korea Selatan).

"Tahun ini pastinya saya mau hasil yang lebih baik dari tahun lalu tapi undiannya belum tahu seperti apa jadi mau fokus dulu mematangkan persiapan di sana nanti," jelas Gregoria .

Tim bulu tangkis Indonesia bertolak ke Hangzhou, China, pada Minggu (10/12) dini hari WIB, untuk mengikuti ajang bergengsi BWF World Tour Finals (WTF) 2023. Mereka menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA894 via Shanghai.

BWF WTF 2023 yang merupakan turnamen penutup tahun ini berlangsung pada 13-17 Desember di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China. Selain menjanjikan poin yang besar, turnamen ini juga menawarkan hadiah fantastis dengan total mencapai 2,5 juta dolar AS.