BAMTC 2023 - Indonesia Juara Grup

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memastikan Indonesia keluar sebagai juara Grup C, seusai memenangi laga terakhir di fase penyisihan grup Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023. Pada pertandingan di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (16/2), ganda campuran berperingkat 10 dunia itu menang 21-18, 21-19 atas wakil Thailand Pakkapon Teeraratsakul/Phataimas Muenwong dalam tempo 39 menit.

"Syukur Alhamdulillah, saya dan Rinov bisa main baik. Tadi nggak berpikir akan menang atau bagaimana. Ternyata, kami bisa memastikan Indonesia jadi juara grup," kata Pitha, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

Hal hampir serupa juga diutarakan Rinov pascakemenangan sekaligus memastikan tim bulu tangkis "Merah Putih" menang atas pasangan peringkat 221 dunia itu. Menurutnya, sejak awal gim pertama, keduanya tak memikirkan hasil akhir dari pertandingan penentu ini. "Kami hanya fokus bagaimana bermain maksimal dan ternyata bisa menang, dan menyumbangkan kemenangan bagi Indonesia," kata atlet asal klub PB Djarum ini.

"Tadi kunci kemenangannya, adalah kami mengandalkan strategi bermain lebih menekan lebih dulu. Dari awal, kami lebih menyerang dan membuat lawan kurang bisa berkembang permainannya," Rinov, menambahkan.

Namun, di balik permainan baik yang ditunjukkan keduanya sepanjang laga, Pitha justru sempat kurang nyaman kala melalui pertandingan terakhir di fase grup ini. "Tadi saat bermain, saya sebenarnya ada tegangnya juga. Tetapi setelah itu, saya coba menikmati permainan saja," ungkapnya.

"Akhirnya, malah bisa main enak dan bisa menang," demikian Pitha.