BAMTC 2023 - Apri/Fadia Menang, Indonesia 2-2 Thailand

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil mengemas kemenangan atas wakil Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, pada laga terakhir di fase penyisihan Grup C Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023. Pada pertandingan di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (16/2), ganda putri andalan "Merah Putih" itu menang 18-21, 21-16, 21-14 dalam tempo 51 menit, sekaligus membuat kedudukan sementara menjadi sama kuat 2-2.

"Kami tidak memikirkan ketika turun bertanding, posisi Indonesia tertinggal 1-2. Ini tidak memengaruhi fokus kami," ungkap Apri, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Justru sebaliknya, saya fokus ke diri sendiri bagaimana caranya bisa bermain maksimal dan memenangkan pertandingan," tambahnya.

Sebaliknya, rasa tegang meliputi Fadia pada gim pertama. Pasalnya, selain kesempatan perdana berlaga di BAMTC, Indonesia masih tertinggal 1-2 dari Thailand. "Karena tegang, pola permainan saya di gim pertama kurang maksimal dan kalah," tutur atlet asal Bogor, Jawa Barat ini.

Namun, Fadia berupaya untuk bangkit dan tak mau berlarut dengan kekalahan gim pertama. Pada dua gim berikutnya, hanya pikiran untuk bermain baik yang ada di benaknya. "Terbukti, permainan kami bisa lebih berkembang dan bisa menang," ujar Fadia.

Dengan kedudukan 2-2, kata Apri, harapan untuk menjadi juara grup, kini ada di tangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. "Semoga saja, dengan kemenangan kami ini, Rinov/Pitha jadi tambah semangat dan bisa membawa Indonesia jadi menang. Saya yakin dan percaya saja," katanya.

"Harapannya, dengan bisa menyamakan kedudukan jadi 2-2, ganda campuran kita yang tampil di partai terakhir, bisa main lebih tenang dan tambah semangat untuk menang," demikian Fadia.