Indonesia Open 2023 - Pelatih: Perjuangan Rinov/Pitha Sudah Luar Biasa

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Humas PP PBSI)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Jakarta | Pelatih ganda campuran pelatnas bulu tangkis Indonesia, Amon Sunaryo, berpendapat, perjuangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari pada Indonesia Open 2023 sudah maksimal. Ganda campuran "Merah Putih" pada turnamen level BWF World Tour Super 1000 ini, gagal melaju ke semifinal setelah kalah dari pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, dengan skor 11-21, 18-21 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jumat (16/6).

"Apresiasi buat Rinov/Pitha yang sudah memberikan permainan terbaik, meski hasilnya agak mengecewakan buat fans bulu tangkis Tanah Air," ujar Amon, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Saya menilai perjuangan mereka sudah luar biasa dengan telah mengalahkan ganda campuran terbaik milik Prancis dan Malaysia," Amon, menambahkan.

Dengan hasil ini, Indonesia tidak memiliki satu pun wakil di ganda campuran pada babak empat besar. Selain Rinov/Pitha, sektor ganda campuran Indonesia menurunkan pemain-pemain seperti Adnan Maulana/Nita Violina Marwah dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Adnan/Nita tersingkir di babak awal dari wakil China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan skor 15-21, 9-21. Adapun untuk Rehan/Lisa gagal membuka asa juara seusai di 16 besar menyerah dari ganda campuran Denmark, Mathias Thyrri/Amalie Magelund dengan skor 14-21, 16-21.

Melihat hal itu, Amon ke depannya akan cepat melakukan evaluasi, mengingat perhitungan poin menuju Olimpiade Paris 2024 sudah berlangsung. "Evaluasi akan kami lakukan untuk sektor ganda campuran Indonesia. Saya sangat menyayangkan Rehan/Lisa yang gugur di 16 besar dari pasangan Denmark, padahal rekor pertemuan mereka menang," kata Amon.

"Untuk Adnan/Nita saya tidak banyak evaluasi mengingat baru kali pertama tampil di ajang BWF Super 1000," demikian Amon.