Pemain Top Dunia Banjiri Kota Pahlawan

Superliga ‐ Created by

Sejumlah pemain bintang top dunia dipastikan bakal menambah panas persaingan dalam ajang Djarum Superliga Badminton 2014 persembahan Djarum Foundation.

Dalam ajang yang berlangsung di DBL Arena, Surabaya, 3-9 Februari 2014 tersebut, para pemain bintang bulutangkis dunia itu akan membanjiri Kota Pahlawan untuk memperkuat tim barunya masing-masing dalam kejuaraan yang menyediakan hadiah wah senilai total Rp2 miliar.

Menurut Direktur Badan Superliga, Achmad Budiharto, hadirnya sejumlah pemain asing ternama di ajang bergengsi ini, dipastikan akan menambah bobot kejuaraan yang tahun ini digelar untuk keempat kalinya setelah tahun 2007, 2011, dan 2013. Hadirnya para bintang tersebut pasti ikut mendongkrak kualitas dan gengsi kejuaraan.

“Saya percaya, hadirnya para pemain top dunia yang akan membela klub di dalam negeri dan tampilnya para pemain terbaik dari klub-klub peserta asing tersebut pasti juga akan menambah bobot kejuaraan dan menambah prestise ajang ini. Hadirnya para bintang-bintang dunia ini pasti juga akan meningkatkan tensi persaingan antarklub untuk menuju podium juara,” ujar Budiharto, dalam acara konferensi pers dan sekaligus undian pembagian grup Djarum Superliga Badminton 2014 di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta,Rabu (22/1).

Pemain Eropa seperti finalis turnamen bergengsi Djarum Indonesia Open Premier Super Series 2013, Marc Zweibler asal Jerman siap tampil. Dia bersama pemain Rusia, Vladimir Ivanov dan ditambah bintang asal Korea Selatan, Lee Hyun Il siap memanaskan persaingan.Ketiga pemain asing tersebut siap membela tim sang juara Djarum Superliga Badminton 2013, Musica Champion Kudus.

Selain trio asing tersebut, Musica Champion bakal merekrut Simon Santoso asal Tangkas Specs, Alamsyah Yunus (Pertamina Indonesia), Rian Agung Saputro (Jaya Raya Suryanaga), Wahyu Nayaka (Tangkas Specs), Ricky Karanda Suwardi (Mutiara Cardinal), Rian Sukmawan, Rendra Wijaya. Sementara Lee Chong Wei asal Malaysia dan Lee Yong Dae (Korsel), masih dalam proses negosiasi.

 

Sementara di bagian putri, hadir pemain ternama asal Thailand, Busanan Ongbumrungpan dan bintang dari Jepang, Minati Minatsu. Kedua pemain asing ini akan memperkuat barisan tim putri Jaya Raya yang juga mengandalkan pemain terbaik nasional seperti Bellaetrix Manuputty, Adriyanti Firdasari, Rizky Amelia Pradipta, Pia Zebadiah, Greysia Polii, Nitya Krishinda Maheswari, Della Destiara Haris, dan Aggia Shitta Awanda.

“Dari tahun ke tahun kualitas dan gengsi perhelatan Djarum Superliga Badminton 2014 saya nilai terus makin meningkat. Hal ini bukan saja karena dipengaruhi oleh hadirnya klub-klub asing yang ikut meramaikan kejuaraan, tetapi juga karena kiprah sejumlah pemain top duniay ang dipinjam sejumlah klub-klub terbaik di Tanah Air,” tutur Budiharto.

Selain sejumlah pemain bintang yang direkrut untuk memperkuat klub domestik, para peserta asing juga tampil dengan kekuatan penuh. Tim Singapura misalnya yang mengirim kekuatan terbaiknya seperti,Derek Wong Ziliang, Ashton Chen Yong Zhao, Robin Gonansa, Huang Chao, Danny Bawa Chrisnanta, Chayut Triyachart, Terry Yeo Zhao Jiang, Loh Kean Hean, dan Terry Hee Yong Kai.

 

Hal serupa terjadi pada tim Unisys Jepang. Klub asal Negeri Sakura ini membawa serta pemain-pemain terkuatnya seperti, Hiroyuki Endo, Kenichi Hayakawa, Hyo Nakajo, Shuichi Sakamoto, Hajime Komiyama, Fumitake Shimizu, Yu Hirayama, Yosuke Nakanishi, Kenta Kazuno, dan Kazushi Yamada.

Sementara tim SCG Thailand, memboyong Sitikom Thammasin, Khosit Phetpradab, Pannawit Thongnuam, Dechapol Pauvaranukroh, Kittinupong Kedren, Supak Jomkoh, Natdanai Uakoolwarawat, Wannawat Ampunsuwan, dan Nipithphon Phuangphuphet. Sebaliknya, pahlawan kemenangan tim Musica Champion menjadi juara Djarum Superliga Badminton 2013, Chen Chou Tien, bakal membela tim Cooperative Bank asal Taiwan. Dia ditemani Hsueh Hsuan Yi, Chu Han Chou, Lu Chi Yuan, Tsai Chia Hsin, Lee Sheng Mu, Lin Chia Yu, dan Wu Hsiao Lin.

Hal serupa juga tersaji di kelompok putri. Klub-klub asing membawa serta seluruh pemain terbaiknya ke Surabaya. Tim Renesas Jepang menyertakan Satoko Suetsuna, Miyuki Maeda,

Mizuki Fujii, Reika Kakiiwa, Kana Ito, Yui Miyauchi, Naoko Fukuman, Ayumi Mine, Yuki Fukushima, dan Sayaka Hirota.

Tim putrid Unisys Jepang juga tidak mau kalah. Mereka hadir bersama bintangnya Ayane Kurihara, lalu Zhizuka Uchida, Masayo Mojirino, Ayaka Takahashi, Misaki Matsutomo, Sayaka Takahashi, Momoka Kimura, Naru Shinoya, Nozomi Okuhara, dan Chisato Hoshi.

Pekan lalu, pasangan Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo sukses menjadi finalis Malaysia Premier Super Series di Kuala Lumpur, Malaysia. Sedangkan klub SCG Thailand, membawa serta Nichaon Jindapon, Sapsiree Taerattanachai, Pornpawee Chochuwong, Rawinda Prajongjai, Puttita Supajirakul, Rodjana Chuthabunditkul, Jongkolphan Kititharakul, dan Pacharakamol Arkornsakul.