(Superliga Junior 2017) Fung Permadi Bicara Peluang PB Djarum

Komang Ayu Cahya Dewi
Komang Ayu Cahya Dewi (PB Djarum)
Nasional ‐ Created by AH

Kejuaraan Blibli.com Superliga Junior 2017 telah dimulai sejak tadi pagi, Selasa (5/12), di GOR Djarum, Magelang. Sebanyak delapan tim putri U17 sudah selesai melakoni pertarungan. Salah satunya adalah tim PB Djarum Kudus yang berhasil mengantongi kemenangan pertamanya di grup Y melawan SGS PLN Bandung, dengan skor 5-0.

Berbicara PB Djarum, di Djarum Superliga Junior kali ini, sebagian besar mengirimkan atlet-atlet yang pada pekan lalu berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) U-19 yang membela Jawa Tengah. Kala itu tim Jawa Tengah sendiri berhasil memboyong tiga gelar juara dan dua runner-up.

Diakui Fung Permadi yang merupakan manajer tim PB Djarum pada Djarum Superliga Junior kali ini, jika anak asuhnya ang baru saja berlaga di Kejurnas diminta untuk bisa menjaga semangatnya dan tetap tampil maksimal.

Untuk turnamen ini seperti yang kita tahu bahwa U-19 hampir seluruhnya baru selesai mengikuti Kejurnas, jadi kita berusaha untuk tim U-19 tetap menjaga semangatnya, dan bisa tetap maksimal dalam penampilan beregu ini, karena kita tahun ini pasti cukup berat, dengan mengikuti turnamen dua minggu berturut-turut. Apalagi sekarang turnamen beregu yang harus bisa mengatasi tekanan mental,” katanya.

Untuk U-17 sendiri ini merupakan turnamen baru bagi mereka, dan inipun sejalan yang diinginkan oleh PB Djarum, yang ingin memberikan jam terbang pada atlet-atlet sedini mungkin sudah mengenal bagaimana situasi dan keadaan menghadapai tekanan mental dalam pertandingan beregu. Dan harapannya ketika mereka sudah dewasa, sudah terbiasa dengan pertandingan beregu,” tambah Fung.

Dari empat tim yang dikirim PB Djarum, dua diantaranya merupakan unggulan pertama, yakni tim putra U19 dan tim putri U17. sedangkan tim putra U17 dan tim putri U19 merupakan unggulan kedua. “Saya melihatnya sih tidak terlalu menjadi suatu perhatian khusus, karena di U-19 pun khususnya ada beberapa tim dari luar negeri yang kita belum tahu peta kekuatannya,” jelasnya.

Sementara itu, Fung pun berbicara soal target dan peluang bagi PB Djarum di Blibli.com Superliga Junior 2017 kali ini.

Kalau target dari sisi hasil kami selalu dituntut agar selalu menjadi juara, tetapi saya sendiri yang selama ini saya jaankan di PB Djarum, kami harus lebih memperhatikan proses bagaimana para atlet latihan, cara berpikirnya, dan proses pembentukan karakter mereka. Karena kalau kita bisa memegang dengan baik  dan fokus pada proses ini, kemungkinan besar kita bakal mendapatkan hasil yang baik,” ungkap Fung.

Diatas kertas saya tidak bisa mengatakan siapa yang bakal bisa jadi juara dan semua sektor pun pasti berpeluang. Tetapi yang paling diandalkan dari PB Djarum adalah U-19 putra, tetapi dengan hadirnya tim-tim asing menjadi catatan tersendiri, kita harus tetap waspada,” pungkas Fung.