Kejurnas PBSI 2023 - Ganda Campuran Jateng Bidik Gelar Juara

Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Bernadine Anindya Wardana (Djarum Badminton)
Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Bernadine Anindya Wardana (Djarum Badminton)
Nasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran Jawa Tengah (Jateng) bertekad untuk mengalahkan saingan berat mereka seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur, guna meraih gelar juara Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2023, 18-23 Desember, di GOR UNJ, Rawamangun, Jakarta. Pelatih ganda campuran Jateng Vita Marissa mengatakan, para atlet asuhannya dipastikan sudah melakukan persiapan yang matang untuk bertanding di Kejurnas PBSI 2023.

"Ini, kan, bukan baru pertama kali bertemu di pertandingan, orang-orangnya sama setiap tahun dan setiap individu punya kelebihan dan punya strategi sendiri. Kami memastikan persiapan kami sudah matang," kata Vita, mengutip laporan Antara.

Dalam Kejurnas PBSI 2023, Jateng mengirimkan atlet terbanyak kedua dengan 53 atlet. Di ganda campuran, terdapat enam pasangan untuk kelompok taruna dan lima pasangan untuk kelompok dewasa.

Pada pertandingan yang berlangsung sejak hari pembuka hingga berikutnya, atlet-atlet ganda campuran berhasil mengalahkan lawan dan melaju ke babak delapan besar.

Semisal di nomor Ganda Dewasa Campuran, Bobby Setiabudi/Melati Daeva Oktaviani menang atas Rezha Arzhan Hidayat/Monika Insany asal DI Yogyakarta dengan skor 21-10, 21-16. Kemudian di nomor Ganda Taruna Campuran, Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Bernadine Anindya Wardana berhasil menghentikan laju wakil DKI Jakarta, Fadli Aprialdi/Nadhilah Tamimi Nugraha, melalui rubber game 21-18, 18-21, 21-12

"Target kami mengumpulkan medali sebanyak mungkin pastinya," Vita, menegaskan.

Selain itu, melalui Kejurnas PBSI 2023, Vita juga berharap terciptanya regenerasi atlet bulu tangkis bertalenta. "Agar badminton Indonesia punya pemain-pemain muda yang bagus sehingga kita nggak akan pernah kehabisan stok pemain," katanya.

Kejurnas PBSI 2023 diikuti sebanyak 610 pebulu tangkis dari 32 Pengurus Provinsi PBSI dengan mempertandingkan masing-masing lima nomor untuk kelompok taruna dan dewasa. Para atlet memperebutkan total hadiah Rp400 juta untuk kategori dewasa dan Rp300 juta untuk kategori taruna. Kejurnas tahun ini juga dipersiapkan untuk mencari atlet untuk mengikuti Seleknas 2024 sebelum promosi ke pelatnas