Berlebaran di Manila, Salat Ied di Balai Riung Hotel

Skuad bulu tangkis Indonesia berlebaran di Manila (Humas PP PBSI)
Skuad bulu tangkis Indonesia berlebaran di Manila (Humas PP PBSI)
Nasional ‐ Created by EL

Manila | Tim bulu tangkis Indonesia yang berlaga di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2022 merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan sederhana di Manila, Filipina. Walau sedang di negeri orang, suasana Lebaran tetap terasa haru dan khidmat. Kegiatan Idul Fitri dimulai dengan melaksanakan salat Ied di balai irung Hotel Crimson, Senin (2/5), dilanjutkan tradisi bermaaf-maafan, lalu berkumpul untuk sarapan bersama.

"Sebenarnya kami sudah ada rencana mengunjungi KBRI karena di sana ada salat Ied dan halal bihalal," kata Kepala Bidang Sports Science PP PBSI Iwan Hermawan, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Tapi ternyata protokol kesehatan masalah Covid-19 di sini masih agak ketat dan berbelit. Jadi kami mengurungkan niat tersebut. Sebagai gantinya, kami berinisiatif untuk meminjam ruangan ballroom (balai irung) hotel untuk salat Ied," Iwan, menambahkan.

Iwan yang bertugas sebagai imam dan khatib salat Ied mengatakan walau tidak ada ketupat dan opor, suasana Idul Fitri tetap terasa. "Momentum Idul Fitri hari ini merupakan momentum yang luar biasa karena kami sedang berjuang untuk Indonesia," ujarnya.

"Walau sedang jauh dari rumah dan keluarga, suasana Idul Fitri tetap dirasakan semua tim yang berada di sini," tambahnya.

Iwan, yang juga pelatih fisik tim, mewakili skuad bulu tangkis Indonesia di BAC 2022 mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri bagi semua yang merayakan. "Saya mewakili tim Indonesia yang berada di Manila mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya.