Thailand Masters 2024 - Kalah Mental, Rinov/Pitha Takluk

Pitha Haningtyas Mentari & Rinov Rivaldy (Humas PP PBSI)
Pitha Haningtyas Mentari & Rinov Rivaldy (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by

Jakarta | Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal melampaui babak pertama Thailand Masters 2023. Dalam pertandingan yang berlangsung di Nimibutr Stadium, Bangkok, Thailand, Rabu (31/1), mereka kalah dari pasangan Jerman, Mark Lamsfuß/Isabel Lohau, dengan skor identik 15-21, 15-21 dalam tempo 33 menit. Faktor mental menjadi penyebab kekalahan unggulan kedelapan ini.

"Terutama dari saya sendiri, dalam pertandingan ini mental saya drop banget, sehingga tidak bisa mengembangkan permainan," kata Rinov melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Intinya, saya sepanjang laga tertekan terus dan tidak bisa mengeluarkan permainan saya. Ini akan menjadi bahan evaluasi saya," tambahnya.

Pasangan "Merah Putih" berperingkat 18 dunia itu mengalami dua kali kekalahan secara beruntun dalam dua pekan terakhir. Sepekan lalu pada Indonesia Masters 2024 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rinov/Pitha kalah di babak 16 besar. Mereka kalah juga dengan skor identik 13-21, 13-21 dari wakil China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin, juga dalam tempo 33 menit.

"Setelah ini saya akan berkomunikasi dahulu dengan pelatih. Saya akan bicara dulu. Kalau mental saya memang lagi drop, mungkin jangan ikut pertandingan dahulu," demikian Rinov.

Selain Rinov/Pitha, Indonesia juga kehilangan beberapa wakilnya di babak pertama Thailand Masters 2024 pada Rabu (31/1), yaitu Alwi Farhan di nomor tunggal putra, Komang Ayu Cahya Dewi (tunggal putri), dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah serta Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (ganda campuran).