Swiss Open 2023 - Skuad Indonesia Fokus Berjuang di Tengah Duka

Pitha Haningtyas Mentari & Rinov Rivaldy (Humas PP PBSI)
Pitha Haningtyas Mentari & Rinov Rivaldy (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sebanyak lima wakil "Merah Putih" yang terdiri dari dua tunggal putri dan masing-masing satu wakil pada nomor ganda putra, ganda putri, serta ganda campuran, berhasil melaju ke perempat final Swiss Open 2023. Selain faktor persaingan dengan lawan-lawan tangguh pada turnamen BWF World Tour Super 300 itu, tim bulu tangkis Indonesia juga dihadapkan dengan rasa sedih karena kehilangan Syabda Perkasa Belawa, yang meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas.

Di saat suasana duka melanda tim Indonesia, mereka juga harus bertanding mewakili negara di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, arena pertandingan Swiss Open 2023. Duka mendalam terutama dirasakan oleh pemain ganda campuran Pitha Haningtyas Mentari, teman dekat Syabda.

Pitha dan pasangannya Rinov Rivaldy berhasil melaju ke babak 16 besar seusai mengalahkan rekan senegara Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. Keesokan harinya, Rinov/Pitha berhasil menjaga tren kemenangan dan menggenggam tiket perempat final berkat kemenangan atas wakil Denmark, Mathias  Christiansen/Alexandra Bøje dengan straight games 25-23, 21-19.

Di babak delapan besar, Jumat (24/3), unggulan ketujuh itu akan bertemu Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin asal Taiwan.

Sementara, harapan untuk meraih gelar juara dari sektor ganda putra dan ganda putri tertumpu pada Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. "Meski kami tinggal sendirian setelah Pram/Yere dan Leo/Daniel sudah tersisih, kami tidak terbebani. Kami justru mau menunjukan kalau kami bisa," kata Bagas.

"Walau tinggal kami yang bertahan di ganda putra, sebetulnya kami tidak terlalu terbebani. Kami berusaha fokus saja di setiap pertandingan yang akan kami lalui," Fikri, menambahkan.

Pada sektor tunggal putri tetap utuh berkat keberhasilan Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani mencapai babak delapan besar. Putri pun menciptakan kejutan dengan mengalahkan Pusarla V. Sindhu di babak 16 besar.

Berikut susunan pertandingan para wakil Indonesia di perempat final Swiss Open 2023:

Lapangan 1

  • Pornpawee Chochuwong (Thailand/6) vs. Putri Kusuma Wardani

Lapangan 2

  • Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (7) vs. Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin (Taiwan)
  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (6) vs. Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia/3)
  • Kirsty Gilmour (Skotlandia) vs. Gregoria Mariska Tunjung

Lapangan 3

  • Li Yi Jing/Luo Xu Min (China) vs. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (2)