Swiss Open 2023 - Apri/Fadia ke Semifinal, Rinov/Pitha Mundur

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti lolos ke babak empat besar Swiss Open 2023, berkat kemenangan atas Li Yi Jing/Luo Xu Min dari China, di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (24/3). Sementara, ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Mentari Haningtyas memutuskan mundur dari pertandingan sebelum memasuki gim kedua, setelah Rinov mengalami cedera tangan kanan.

"Rinov mengalami cedera di bagian tangan kanan, dan tidak memungkinkan untuk meneruskan pertandingan," kata pelatih ganda campuran pelatnas bulu tangkis Indonesia, Amon Sunaryo, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Sebenarnya, cedera ini sudah mulai dirasakan saat tampil di All England lalu," Amon, menambahkan.

Lebih lanjut Amon mengungkapkan, Rinov telah berjuang dari rasa nyeri pada tangannya tersebut, agar dapat menembus babak delapan besar. Namun, rasa nyeri yang tak kunjung hilang membuat Rinov memilih menarik diri dari pertandingan. "Hari ini dia sudah tidak kuat lagi. Apalagi, lawan tahun kalau Rinov cedera, jadi shuttlecock-nya terus diangat-angkat ke garis belakang dan itu makin menyulitkan Rinov," jelasnya.

"Sebenarnya, sayang juga dia harus mundur di perempat  final. Tetapi karena masih banyak kejuaraan ke depan, Rinov memang lebih baik menjalani perawatan dulu, disembuhkan dulu cederanya, agar ke depan lebih fit dan siap lagi," ujar Amon.

Sementara, Apri/Fadia berhasil meredam perlawanan Li/Luo dan memetik kemenangan dua gim langsung 22-20, 21-15 dalam tempo 49 menit. Di semifinal, unggulan kedua itu bakal berhadapan dengan unggulan keenam dari Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.