Swiss Open 2023 - Indonesia Tanpa Tunggal Putra

Putri Kusuma Wardani (Djarum Badminton)
Putri Kusuma Wardani (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sebanyak sebelas wakil "Merah Putih" berhasil merebut tiket 16 besar Swiss Open 2023. Namun, Indonesia senasib dengan China yang tak menyisakan satu pun wakil pada sektor tunggal putra, setelah Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo mengalami kekalahan di babak 32 besar. Sementara, harapan untuk meraih gelar juara ganda putra bertumpu pada juara All England 2022 Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Di babak 16 besar turnamen level BWF World Tour Super 300 ini berlangsung pada Kamis (23/3) di St. Jakobshalle, Basel, Swiss. tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani akan menantang unggulan keempat asal India, Pusarla V. Sindhu. Kedua pemain belum memiliki rekor pertemuan. Sementara, Gregoria Mariska Tunjung akan bersua wakil Kanada, Michelle Li. Masing-masing pemain telah mengantongi satu kemenangan dalam dua pertemuan sebelumnya.

Pada sektor ganda putra, unggulan keenam Bagas/Fikri akan berhadapan dengan Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan. Wakil Taiwan itu unggul 2-1 dalam catatan head-to-head.

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi akan berupaya meraih kemenangan pertamanya atas Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto dari Jepang. Sementara, unggulan kedua Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berusaha untuk mempertahankan rekor tak terkalahkan dari wakil Thailand, Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul.

Sama seperti ganda putri, Indonesia juga memiliki dua wakil pada sektor ganda campuran, unggulan ketujuh Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Berikut susunan pertandingan para wakil Indonesia di babak 16 Swiss Open 2023:
Lapangan 1
Putri Kusuma Wardani
vs. Pusarla V. Sindhu (India/4)
Mathias Christiansen/Alexandra Bøje (Denmark) vs. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (7)

Lapangan 2

  • Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang) vs. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
  • Michelle Li (Kanada) vs. Gregoria Mariska Tunjung
  • Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul (Thailand) vs. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (2)

Lapangan 3

  • Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan (Taiwan) vs. Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (6)
  • Hiroki Midorikawa/Natsu Saito (Jepang) vs. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati