Sommerville/Mapasa Butuh Pertandingan dengan Intensitas Tinggi Sebelum ke Tokyo

Gronya Sommerville/Setyana Mapasa (Australia) melepaskan serangan.
Gronya Sommerville/Setyana Mapasa (Australia) melepaskan serangan.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Belum meredanya wabah virus korona jelang Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar Juli 2021 mendatang, memaksa seluruh pemain di dunia terus memaksimalkan dan mematangkan persiapan dengan segala keterbatasan. Apalagi sudah tidak ada turnamen pemanasan sebelum ke Tokyo menyusul dibatalkannya kejuaraan Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500 yang sejatinya digelar pekan ini. Belum lagi berbagai aturan super ketat yang diterapkan otoritas kesehatan tiap-tiap negara.

Seperti ganda putri Australia, Gronya Sommerville/Setyana Mapasa, misalnya. Mereka nyaris tidak memiliki kesempatan untuk mematangkan persiapan jelang Olimpiade. Sebab, negara bagian Victoria mengumumkan penguncian atau lockdown untuk menekan angka kasus virus korona. Alhasil, beberapa turnamen termasuk Melbourne Open 2021 terpaksa ditunda.

Padahal turnamen itu adalah kesempatan besar buat Sommerville/Mapasa untuk mematangkan persiapannya sebelum ke Tokyo. Bahkan demi mendapatkan intensitas pertandingan yang tinggi, mereka turun di nomor ganda putra pada turnamen tersebut.

“Iya, kami harusnya main di ganda putra (Melbourne Open 2021). Kami kan nggak bisa tanding di turnamen internasional jelang Olimpiade dan kami butuh pertandingan intensitas tinggi. Ini pertama kalinya kami dibolehkan tanding di ganda putra untuk persiapan sebaik mungkin ke Olimpiade. Tapi turnamennya ditunda karena lockdown,” kata Setyana Mapasa mengutip dari Bolalob.com.

Ganda putri nomor 28 dunia itu terpaksa harus melewatkan sejumlah turnamen internasional dan mematangkan persiapan di negeri sendiri sebelum ke Tokyo. Alasannya karena mereka ingin menjaga diri agar terhindar dari virus korona sebelum ke Olimpiade. Padahal, turnamen terakhir yang diikuti Sommerville/Mapasa adalah kejuaraan Seri Asia di Thailand pada Januari lalu.

Meski berpasangan, ternyata Sommerville/Mapasa tak selalu menjalani latihan bersama. Keduanya terpisah jarak sekitar 900 km. Sommerville tinggal di Melbourne, sementara Mapasa di Sydney. Untuk memaksimalkan persiapan ke Olimpiade, keduanya berencana mengikuti pemusatan latihan bersama, termasuk mengikuti turnamen domestik di Melbourne, Sydney dan Brisbane.