Skuad Indonesia Turun di Tiga Turnamen pada Pekan Ini

Gloria Emanuelle Widjaja & Dejan Ferdinansyah (Humas PP PBSI)
Gloria Emanuelle Widjaja & Dejan Ferdinansyah (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Skuad Indonesia akan turun di tiga turnamen bulu tangkis dunia dengan berbagai level yang berlangsung pada 12-17 Maret 2024, yaitu turnamen level BWF World Tour Super 1000 All England 2024, Orléans Masters 2024 (BWF World Tour Super 300), dan Vietnam International Challenge 2024 (International Challenge).

Turnamen dengan level tertinggi pekan ini adalah All England Open 2024 dan masuk dalam pengumpulan poin kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024. Digelar di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, Indonesia menurunkan 11 wakil pada turnamen bulu tangkis tertua di ini.

Di sektor tunggal putra dan putri, ada Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Gregoria Mariska Tunjung.

Lebih lanjut, ganda putra Indonesia memiliki tradisi emas di turnamen ini. Pada dua edisi sebelumnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berdiri di podium tertinggi.

Antara melaporkan, pada edisi 2024, Fajar/Rian dan Bagas/Fikri kembali berkompetisi. Tak hanya itu, "The Daddies" sekaligus juara All England 2019 Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga melakukan "comeback" mereka pascarehat dari cedera. Ada pula Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang turut bertanding pada edisi kali ini.

Sementara, di sektor ganda putri dan ganda campuran ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Beralih ke Prancis, terdapat lima wakil Indonesia yang mengikuti turnamen BWF Super 300 Orléans Masters. Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtas Mentari masih berusaha untuk mengumpulkan poin demi mengamankan slot terakhir untuk Olimpiade Paris 2024.

Selain itu, ada ganda putra Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani, dan tiga ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari, serta Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

Di pekan yang sama, para pebulu tangkis Indonesia lainnya akan berlaga di Vietnam International Challenge 2024 di Hanoi, Vietnam. Tak hanya menampilkan para pemain junior, beberapa nama familier juga akan mengisi daftar pemain yang berkompetisi di Hanoi ini.

Beberapa di antaranya adalah tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito, tunggal putri Bilqis Prasista, ganda putra Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Rahmat Hidayat, hingga debutan ganda campuran Amri Syahnawi/Indah Cahya Sari Jamil dan Bobby Setiabudi/Melati Daeva Oktavianti.