SEA Games 2023 - Menanti Debut Skuad Muda Tunggal Putri

Komang Ayu Cahya Dewi & Ester Nurumi Tri Wardoyo (Djarum Badminton)
Komang Ayu Cahya Dewi & Ester Nurumi Tri Wardoyo (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari, dipercaya untuk membawa nama Indonesia di SEA Games Kamboja 2023. Komang Ayu, yang berstatus sebagai tunggal pertama pada kategori beregu, adalah pemain dengan peringkat ke-51 dunia, sementara Ester peringkat ke-60 dunia. Termasuk Ester, dua pemain lain adalah atlet berusia di bawah 20 tahun adalah Stephanie di peringkat ke-101 dunia dan Mutiara yang berusia 16 tahun dengan peringkat ke-93.

Ajang multicabang ini dinilai sebagai panggung yang tepat bagi para srikandi bulu tangkis Indonesia ini, dalam menguji kemampuan dan mendapatkan pengalaman demi target yang lebih besar.

Seperti contoh, Ester, yang memiliki target besar menembus peringkat 40 besar dunia pada tahun ini, agar bisa mengikuti rangkaian turnamen Federasi Bulu Tangkis Dunia pada level Super 300, 500, 750, dan 1000. "Ini (SEA Games) adalah ajang yang ditunggu-tunggu. Saya ingin mengeluarkan semua yang sudah disiapkan saat latihan," kata Ester, sebagaimana dilaporkan Kompas pada Rabu (3/5).

SEA Games Kamboja 2023 akan menjadi debutnya dalam menjalani ajang multicabang internasional. "Semoga saja bisa pulang membawa medali" ujar adik dari atlet tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo ini.

Hal hampir serupa juga dirasakan Komang Ayu, 20 tahun, yang tak kalah antusias dengan kesempatan perdananya tampil di SEA Games. Media harian tersebut menuliskan, "dia (Komang Ayu) tidak menampik punya rasa tegang karena menjadi pemain dengan peringkat tertinggi di antara empat tunggal putri yang memperkuat Indonesia di SEA Games Kamboja."

Komang Ayu pernah dipercaya sebagai tunggal pertama pada Piala Uber 2022 di Bangkok, Thailand. Kala itu, atlet asal Bali itu menyumbangkan poin ketika Indonesia menang atas Prancis dan Jerman di babak penyisihan grup.

Ester dan Komang Ayu menjadi bagian dari atlet pelapis pelatnas utama tunggal putri yang berada di bawah Gregoria Mariska Tunjung. Adapun Mutiara kini berstatus pemain pelatnas pratama.

SEA Games Kamboja 2023 berlangsung pada 5-17 Mei, dengan cabang olahraga bulu tangkis digelar pada 8-16 Mei di Badminton Hall Morodok Techno.