Piala Sudirman 2023 - Laga Terakhir Jadi Penentu Juara Grup

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Suzhou | Indonesia tidak mau lengah saat bertemu Thailand di pertandingan terakhir fase Grup B perebutan Piala Sudirman 2023. Untuk memenuhi ambisi awal sebagai pemimpin grup, skuad "Merah Putih" akan menampilkan kekuatan terbaik. Laga terakhir fase penyisihan grup antara Indonesia dan Thailand digelar pada Kamis (18/5) pagi waktu setempat di Indoor Arena, Suzhou Olympic Sports Center, Suzhou, China. Pertarungan melawan tim negeri "gajah putih" ini demikian krusial. Menang sama dengan juara grup.

Setelah dua kali bertanding dengan hasil sukses memetik kemenangan 5-0 atas Kanada dan 4-1 atas Jerman, Indonesia memimpin klasemen sementara Grup B. Thailand juga berhak maju ke perempat final usai mengemas dua kemenangan, masing-masing menang 4-1 atas Jerman dan Kanada.

Demi memenuhi target meraih hasil optimal tersebut, tim "Merah Putih" begitu fokus dan serius dalam persiapan. Pada Rabu (17/5) siang, tim Indonesia berlatih di Practice Hall Suzhou Olympic Sports Center, Suzhou. Latihan selama tiga jam ini dimaksudkan sebagai persiapan terakhir untuk menghadapi pertandingan pamungkas fase Grup B melawan Thailand. Latihan ini benar-benar dimaksimalkan.

Saat akan memulai berlatih, kapten tim Fajar Alfian mengingatkan rekan-rekannya untuk terus menjaga api semangat, kebersamaan, dan kesehatan masing-masing. Apalagi, mengingat cuaca yang berubah-ubah, semisal pada hari  ini Suzhou diguyur hujan lebat dan berangin. "Hari ini kita berlatih lagi. Semoga latihannya lancar dan tidak ada cedera," ujarnya.

"Latihan ini untuk persiapan menghadapi pertandingan penting besok lawan Thailand," Fajar, menambahkan.

Di sektor ganda putra, Fajar dan Muhammad Rian Ardianto berlatih dalam format satu lawan tiga. Secara bergantian, Fajar dan Rian dikeroyok Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, dan Marcus Fernaldi Gideon atau Kevin Sanjaya Sukamuljo. "Kalau diturunkan lawan Thailand, tentu kami siap. Persiapan kami selama di sini juga baik," kata Rian.

"Rasanya tidak sabar untuk turun bertanding," pungkasnya.