Piala Sudirman 2023 - Dejan/Gloria dan Ginting Siap Diturunkan

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Humas PP PBSI)
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Suzhou | Sejumlah pemain menyatakan siap diturunkan di pertandingan terakhir fase Grup B perebutan Piala Sudirman 2023 melawan Thailand. Hal tersebut dinyatakan oleh pemain ganda campuran Dejan Ferdinansyah serta tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, menjelang laga perebutan juara grup antara Indonesia dan Thailand, Kamis (18/5) pagi waktu setempat, di Indoor Arena, Suzhou Olympic Sports Center, Suzhou, China.

Dejan menyebut dirinya siap mengemban tanggung jawab seandainya ditampilkan bareng pasangannya, Gloria Emanuelle Widjaja. "Saya sudah berlatih maksimal. Kalau ditampilkan, tentu ingin juga main maksimal," ungkap Dejan, melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Rabu (17/5).

Anthony juga mengaku sangat siap seandainya dipilih turun bertanding melawan skuad negeri "gajah putih" tersebut. "Siap! Kalau ditunjuk, tentu saya siap, siapa pun lawannya," kata tunggal putra berperingkat dua dunia ini.

"Memang, di pertemuan terakhir saya kalah lawan Kunlavut (Vitidsarn) di India Open lalu. Persiapan saya oke, kok," Anthony, menambahkan.

Setelah dua kali bertanding dengan hasil sukses memetik kemenangan 5-0 atas Kanada dan 4-1 atas Jerman, Indonesia memimpin klasemen sementara Grup B. Thailand juga melaju ke babak delapan besar seusai mengemas dua kemenangan, masing-masing menang 4-1 atas Jerman dan Kanada. "Menghadapi Thailand, tentu kami akan menurunkan kekuatan terbaik. Saya meminta semua pemain tampil habis-habisan dan menganggap pertandingan ini adalah partai final," tutur manajer tim Indonesia Armand Darmadji.

Menurutnya, dua kemenangan yang diraih skuad "Merah Putih" pada fase grup mampu menambah spirit para pemain. Kondisi ini harus dijaga terus, lebih-lebih saat akan menghadapi Thailand. "Saya melihat energinya positif sekali. Semoga kondisi ini terus terjaga untuk bersiap melawan Thailand di pertandingan terakhir fase grup," pungkasnya.

Sehari sebelum laga melawan Thailand, tim bulu tangkis "Merah Putih" melakukan latihan pada Rabu (17/5) siang di Practice Hall Suzhou Olympic Sports Center, Suzhou. Latihan selama tiga jam ini dimaksudkan sebagai persiapan terakhir untuk menghadapi pertandingan terakhir.