Malaysia Open 2024 - "Merah Putih" Nirgelar di Negeri Jiran

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Perjalanan Indonesia pada turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2024 berujung tanpa gelar juara. Dua wakil tersisa di tunggal putri dan ganda putra tersingkir pada babak delapan besar. Gregoria Mariska Tunjung harus mengakui keunggulan Chen Yu Fei asal China, sementara juara bertahan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kalah tiga gim dari Liang Wei Keng/Wang Chang (China).

Bertanding di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/1), Fajar/Rian kalah 21-16, 17-21, 18-21 dari Liang/Wang, yang merupakan unggulan pertama turnamen level BWF World Tour Super 1000 tersebut. "Kami kurang puas dengan hasilnya dan sisi luar permainannya. Kami harus bisa lebih mengontrol emosi agar performa tetap stabil," tanggap Rian melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

Antara melaporkan, pada pertandingan yang berlangsung 54 menit itu, Fajar/Rian sejatinya memulai pertandingan dengan baik dengan memenangi gim pertama dan unggul cukup jauh di interval gim kedua.

Memasuki gim ketiga, Fajar/Rian tak mengawali pertandingan seperti awal-awal gim pembuka dan kedua. Keduanya kesulitan mengembangkan permainan dengan selalu tertinggal dari Liang/Wang.

Sementara, Gregoria gagal melangkah ke semifinal setelah dikalahkan unggulan kedua Chen. Ia kalah straight games 13-21, 17-21 dalam tempo 40 menit. "Catatan terbesar ada di gim pertama karena saya banyak melakukan kesalahan sendiri yang harusnya tidak saya lakukan," katanya.

"Karena hal itu, di gim kedua, Chen Yu Fei terlihat kepercayaan dirinya meningkat," tambah peraih titel kampiun Spain Masters 2023 tersebut.