Malaysia Open 2023 - Cedera Pergelangan Kaki, Apri/Fadia Mundur

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Cedera menghentikan langkah ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Malaysia Open 2023, Sabtu (14/1). Pada babak empat besar dari turnamen dengan hadiah total sekitar Rp19,5 miliar tersebut, Fadia mengalami cedera pergelangan kaki saat memasuki gim kedua melawan pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Selepas diperiksa oleh tim medis, Apri/Fadia memutuskan mundur dari pertandingan.

"Fadia mengalami cedera engkel kanan. Itu terjadi di awal gim kedua," kata pelatih kepala ganda putri pelatnas bulu tangkis Indonesia, Eng Hian, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Dia cedera karena salah antisipasi. Dia pun terpaksa mundur dari pertandingan," Eng Hian, menambahkan.

Pada laga yang berlangsung di Axiata Arena, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, itu, Chen/Jia, ganda putri nomor satu dunia, unggul 1-0 setelah mengemas kemenangan 21-9 pada gim pertama. Pertandingan pun berakhir setelah pasangan Indonesia memutuskan mundur ketika Chen/Jia unggul 0-2 pada gim kedua.

"Fadia sudah langsung mendapat perawatan baik oleh panitia pertandingan. Dari laporan dokter BWF dari panitia pelaksana Malaysia Open, dinyatakan Fadia mengalami strain ligament pergelangan kaki kanan," ungkap dr Vetinly Tan, tim medis PBSI.

"Kami pun sudah memberikan perawatan terbaik, dengan memberinya obat dan tindakan terhadap cedera engkel kanan Fadia. Cuma untuk memastikan bagaimana parah cedera Fadia, akan segera dilakukan MRI di Jakarta," pungkasnya.