Kumamoto Masters Japan 2023 - Gregoria Kalahkan Okuhara

Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Gregoria Mariska Tunjung (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tunggal putri andalan Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, merebut tiket babak 16 besar Kumamoto Masters Japan 2023, seusai menundukkan wakil tuan rumah Nozomi Okuhara. Unggulan keenam itu menang dua gim langsung 21-19, 21-19 dalam tempo 46 menit, pada pertandingan babak 32 besar di Kumamoto Prefectural Gymnasium, Kumamoto, Jepang.

"Puji Tuhan diberi kemenangan pada hari ini. Pastinya pertandingan ini juga tidak mudah bagi saya. Karena dibanding di pertemuan terakhir, kali ini penampilan Okuhara lebih baik," kata Gregoria kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Dalam catatan pertemuan sebelum laga di babak awal turnamen level BWF World Tour Super 500 ini, Gregoria baru satu kali menang dalam empat pertemuan dengan Okuhara. Kemenangan tersebut diraih belum lama ini, yakni pada babak 32 besar Denmark Open 2023. "Rasanya ada kesenangan tersendiri pula karena bisa mengalahkan Okuhara," ujarnya.

"Kemarin-kemarin, dia, kan, memang belum berada di top performance dia. Tetapi, belakangan ini dia juga lebih bagus performanya," Gregoria, menambahkan.

Meski menang, Gregoria menilai ada beberapa catatan penting dari pertandingan ini yang perlu diperhatikan. Memberi poin dengan mudah kepada lawan, menjadi salah satunya. "Di gim pertama saya ketinggalan tiga-empat angka, saya seharusnya tidak boleh memberi poin mudah kepada lawan," ungkapnya.

"Di gim kedua, saat sudah unggul jauh 19-15, saya malah sempat terkejar. Ini karena lawan mengubah pola dan strategi permainan. Dan itu membuat saya kesulitan untuk meredamnya. Terkejar sih, tetapi puji Tuhan saya bisa kembali lebih tenang untuk bisa meraih kemenangan," demikian Gregoria.

Di babak berikutnya, Gregoria akan berhadapan dengan Kim Ga Eun asal Korea Selatan.