Korea Masters 2023 - Alwi Farhan Lolos Kualifikasi

Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tunggal putra Indonesia Alwi Farhan lolos ke babak utama Korea Masters 2023 berkat kemenangan atas Kuo Kuan Lin pada Selasa (7/11) di Gwangju Women’s University Stadium, Gwangju, Korea Selatan. Pada pertandingan keduanya di babak kualifikasi, Alwi harus berjuang tiga gim untuk meraih kemenangan atas wakil Taiwan tersebut dengan skor 21-9, 18-21,21-11 dalam tempo 54 menit.

"Senang dan bersyukur bisa melaju ke babak utama," kata Alwi melalui keterangan pers Humas PP PBSI, usai pertandingan.

Pemain berperingkat 95 dunia itu memegang kendali permainan pada gim pembuka. Ia mengklaim berupaya untuk tidak membiarkan Kuo menegmbangkan pola permainan yang diinginkannya. Namun, Kuo justru berbalik dan mampu menekan Alwi. "Terutama setelah interval dia lebih berani di permainan setengah ke depannya," tuturnya.

"Saya kecolongan dari itu dan beberapa kali melakukan kesalahan-kesalahan sendiri," Alwi, menambahkan.

Alhasil, Kuo mampu mengemas kemenangan pada gim kedua dengan skor 21-18 dan memaksakan rubber game.

Di gim penentu, Alwi menyatakan berupaya untuk mengembalikan fokus dan menerapkan strategi yang ia terapkan pada gim pembuka. Taktik tersebut terbukti berhasil dan Juara dunia junior BWF 2023 itu mengunci kemenangan sekaligus memastikan tiket ke babak utama turnamen level BWF World Tour Super 300 ini. "Saya berhasil membuat lawan tidak nyaman dengan terus berlari. Dari sana saya banyak mendapat poin," jelasnya.

"Dia adalah juara junior tahun 2022 lalu, mempunyai skill yang bagus dan unik terutama di pukulan pertama juga keduanya. Itu yang sangat saya antisipasi," demikian Alwi.