Kejuaraan Dunia Junior 2023 - Revans atas Taiwan, Indonesia ke Final

Mutiara Ayu Puspitasari (Humas PP PBSI)
Mutiara Ayu Puspitasari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Spokane | Tim bulu tangkis junior Indonesia sukses melaju ke final BWF World Junior Mixed Team Championships 2023 di The Podium Arena, Spokane, Washington, Amerika Serikat. Prestasi gemilang tersebut diraih setelah Indonesia menang 3-0 atas Taiwan di babak empat besar, Jumat (29/9) malam waktu setempat.

Kemenangan skuad muda "Merah Putih" ini sekaligus membalas dendam atas kekalahan dari Taiwan pada semifinal kejuaraan serupa di Santander, Spanyol. Tahun lalu, Indonesia kalah 2-3 dan gagal ke final.

Keunggulan Indonesia di pertandingan semifinal dimulai dari ganda campuran. Pasangan Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai yang dipilih bertanding lawan Taiwan, juga sukses menunaikan tanggung jawabnya dengan baik. Meski di gim pertama sempat kalah, andalan Indonesia ini bisa bangkit.

Setelah bertarung selama 56 menit, mereka bisa memetik kemenangan atas Bao Xin Da Gu La Wai/Chung Chia En dengan skor 24-26, 21-19, 21-16. Indonesia pun memimpin 1-0.

Indonesia lalu unggul 2-0 setelah pemain tunggal putra, Alwi Farhan tampil penuh percaya diri. Kapten tim skuad  muda Indonesia ini mampu menuntaskan permainan solidnya dengan memetik kemenangan 21-12, 21-18 atas Ma Cheng-Yi dalam durasi 39 menit.

"Bersyukur Alhamdulillah bisa menang. Dari awal saya memang terus memegang kendali permainan. Saya terus memegang tempo. Apalagi lawan saya lihat juga agak sedikit gugup. Makanya saya tekan terus lawan, terutama di poin-poin kritis," kata Alwi melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Pemain tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari yang tampil di partai ketiga, menjadi penentu keberhasilan Indonesia maju ke partai pamungkas. Juara Kejuaraan Asia Junior 2023 itu tampil penuh semangat dan fokus saat mengalahkan Peng Yu Wei dengan skor ketat, 21-19, 21-18 dalam durasi 38 menit.

Dengan hasil itu, pada partai puncak kejuaraan untuk memperebutkan Piala Suhandinata yang akan digelar pada Sabtu (30/9) pukul 13.00 waktu setempat, Indonesia akan bertemu China. Skuad muda negeri tirai bambu itu lolos ke final setelah mengalahkan Malaysia di semifinal dengan skor 3-0.

Hasil pertandingan semifinal antara Indonesia dan Taiwan (3-0):

  • Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai vs. Bao Xin Da Gu La Wai/Chung Chia En, 24-26, 21-19, 21-16
  • Alwi Farhan vs. Ma Cheng-Yi, 21-12, 21-18
  • Mutiara Ayu Puspitasari vs. Peng Yu Wei, 21-19, 21-18
  • Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin vs. Lai Po Yu/Tsai Fu Cheng (tidak dimainkan)
  • Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani vs. Jheng Yu Chieh/Lin Yu-Hao (tidak dimainkan)