Inilah Para Peraih Tiket BWF WTF 2023

Chen Yu Fei (Humas PP PBSI)
Chen Yu Fei (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah mengumumkan para peraih tiket ke BWF World Tour Finals (WTF) 2023, 13-18 Desember. Hangzhou, China, akan menjadi tuan rumah turnamen termahal di dunia dengan hadiah total sebesar 2,5 juta dolar tersebut. Ada delapan tempat kualifikasi di masing-masing lima kategori, dengan maksimal dua pemain per asosiasi anggota, dan satu tempat bagi juara dunia.

Juara dunia tunggal putri asal Korea Selatan, An Se Young, menjalani musim yang luar biasa dengan delapan gelar BWF World Tour Final dari 10 final. Ia meraup 119.890 poin dan menempati tempat teratas Race To Finals. Sementara, juara Olimpiade Tokyo 2020 dan pahlawan lokal Hangzhou, Chen Yu Fei, menempati posisi kedua.

"Saya sangat senang karena semakin banyak turnamen internasional yang diadakan di Hangzhou, dan saya merasa sangat senang bermain di kampung halaman saya. Saya akan menikmati turnamen itu sendiri dan suasana di lokasi. Dibandingkan beberapa kali terakhir saya mengikuti BWF WTF 2023, saya merasa semakin dewasa. Saya akan melakukan yang terbaik untuk memenangkan kejuaraan," jelas Chen, dikutip dari laman BWF.

Akane Yamaguchi (Jepang) yang menempati peringkat ketiga masih diragukan untuk tampil lantaran masih mengalami cedera. Kim Ga Eun (Korea Selatan) yang berada di urutan berikutnya, berpeluang untuk berlaga di BWF WTF 2023. Dengan pencapaian semifinal di China Masters 2023, Kim meraih 70,650 poin dan menempati posisi kesembilan.

Pada sektor tunggal putra, Kodai Naraoka (Jepang) memperoleh 11,000 poin berkat gelar juaranya pada China Masters 2023, yang membuatnya memimpin peringkat Race To Finals dengan 89,520 poin.

Anders Antonsen (Denmark) adalah pemain terakhir yang menyelinap masuk, menyusul hasil final sesama pemain Jepang pada final China Masters 2023 antara Naraoka dan Kenta Nishimoto.

Sementara pada sektor ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China), merebut posisi teratas meski hanya bermain 12 turnamen BWF World Tour. Sang juara dunia mengumpulkan 101.340 poin berkat lima gelar juara dalam tujuh final.

Rekan senegara mereka, Liu Sheng Shu/Tan Ning, yang mencatatkan debut pada BWF World Tour, lolos di posisi kelima dengan 89.000 poin.

Ganda putra Liang Wei Keng/Wang Chen (China) naik ke posisi pertama dalam peringkat Race To Finals berkat kemenangan dramatis pada China Masters 2023. Juara dunia Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (Korea Selatan) lolos di tempat ketiga.

Lalu, ganda campuran Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong) dan Ye Hong Wei/Lee Chia Hsin (Taiwan) bersaing ketat sebelum China Masters 2023. Namun, Tang/Tse berhasil mengamankan tempat ketujuh Race To Finals, mengungguli pasangan Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei.

Selain itu juga lolos dua ganda campuran China --yang mampu melewati 100.000 poin--, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Sertajuara dunia Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (Korea Selatan).

"BWF sangat bersemangat untuk mempromosikan Hangzhou sebagai rumah resmi BWF WTF dengan fasilitas dan infrastruktur kelas dunia," kata Sekretaris Jenderal BWF Thomas Lund

"Kami menantikan untuk menyambut para pemain terbaik musim ini ke Hangzhou saat mereka bersaing untuk mendapatkan bagian mereka sebesar 2,5 juta dolar AS, terbanyak dalam sejarah bulu tangkis," Lund, menambahkan.

Pengundian BWF WTF 2023 akan digelar pada Gala Dinner, Senin (11/12). Pada kesempatan tersebut, pemenang penghargaan Pemain Terbaik BWF juga akan diumumkan.