Inilah Hasil Undian Wakil Merah Putih di World Badminton Championships 2017

Marcus F. Gideon/Kevin Sanjaya Menjadi Unggulan Tiga di World Badminton Championships 2017.
Marcus F. Gideon/Kevin Sanjaya Menjadi Unggulan Tiga di World Badminton Championships 2017.
Internasional ‐ Created by RR

Hasil undian World Badminton Championships (WBC) 2017 telah dirilis. WBC 2017 sendiri akan berlangsung 21 - 27 Agustus mendatang di The Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia. Lalu, siapa sajakah lawan dari para wakil Merah Putih yang akan berlaga di WBC 2017?

Dari nomor tunggal putra, Indonesia diwakili oleh tiga pebulutangkis yakni Anthony Sinisuka Ginting, Tommy Sugiarto dan Sony Dwi Kuncoro. Tommy Sugiarto akan menghadapi pebulutangkis asal Hong Kong, Hu Yun. Ini merupakan pertemuan kelima bagi keduanya. Tommy mampu meraih tiga kali kemenangan sementara Hu Yun baru satu kali merebut kemenangan.

Tunggal putra Merah Putih selanjutnya yakni Anthony Sinisuka Ginting yang akan menghadapi Mateusz Dubowski (Polandia) ini merupakan pertemuan edisi perdana bagi keduanya. Dan terakhir, Sony Dwi Kuncoro yang akan menghadapi Milan Ludik (Ceko). Keduanya juga baru pertama kali bertemu.

Tommy berada di pool atas bersama Son Wan Ho (Korea), Kidambi Srikanth (India) dan Lin Dan (Tiongkok). Sementara Anthony dan Sony di pool bawah bersama Viktor Axelsen (Denmark), Chen Long (Tiongkok) dan Lee Chong Wei (Malaysia).

Beralih ke nomor tunggal putri, satu-satunya wakil Indonesia di nomor ini yaitu Lyanny Alessandra Mainaky yang akan menghadapi Kate Foo Kune (Mauritius). Tercatat, ini merupakan pertemuan perdana keduanya. Namun, berdasarkan peringkat, Lyanny yang saat ini menempati peringkat 59 dunia berpeluang mengungguli lawannnya yang menempati peringkat 72. Lyanny menempati pool atas undian bersama Akane Yamaguchi (Jepang), Chen Yufei (Tiongkok), Ratchanok Intanon (Thailand) dan P.V. Sindhu (India).

Indonesia mengirimkan tiga wakil ganda putra. Marcus F. Gideon/Kevin Sanjaya yang menjadi unggulan tiga di WBC kali ini mendapatkan bye di babak pertama. Di babak dua Kevin/Marcus akan bertemu pemenang antara Peter Briggs/Tom Wolfenden (Inggris) atau Liao Kuan Hao/Lu Chia Pin (Taiwan).

Wakil ganda putra Merah Putih selanjutnya yakni Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang juga mendapat bye di babak pertama. Unggulan sembilan ini akan bertemu pemenang antara Adrian Liu/Toby Ng (Kanada) vs Evgenij Remin/Denis Grachev (Rusia). Sementara ganda putra Indonesia selanjutnya yaitu Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro akan berjumpa Richard Eidestedt/Nico Ruponen (Swedia) di babak pertama. Jika mampu menang, Ahsan/Rian akan berjumpa unggulan satu asal Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen yang mendapatkan bye.

Beralih ke sektor ganda capuran, empat wakil Indonesia siap bersaing untuk merebut titel juara. Praveen Jordan/Debby Susanto yang menjadi unggulan tujuh mendapatkan bye dan berpeluang berjumpa wakil Indonesia lainnya yakni Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia jika mampu menang atas Toby Ng/Rachel Honderich (Kanada) di babak pertama.

Selanjutnya dari nomor ganda campuran, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini akan bertemu Ronan Labar/Audrey Fontaine (Prancis) di babak pertama. Sementara itu, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menjadi ungulan tiga mendapat bye dan akan mengahadapi pemenang antara Ahmed Salah/Menna Eltanany (Mesir) vs Tseng Min Hao/Ling Fang Hu (Taiwan).

Jordan/Debby dan Lukhi/Ririn berada di pool atas bersama unggulan satu asal Tiongkok, Zheng Siwei/Chen Qingchen, Zhang Nan/Li Yinhui (Tiongkok) dan Chris/Gabby Adcock (Inggris). Sedangkan Irfan/Weni dan Owi/Butet menempti pool bawah bersama Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark), Choi Solgyu/Chae Yoo Jung (Korea) dan Lu Kai/Huang Yaqiong (Tiongkok).

Hasil Lengkap Undian Babak Pertama Wakil Indonesia di World Badminton Championships 2017:

Tunggal Putra:

  • Sony Dwi Kuncoro [INA] vs Milan Ludik [CZE]
  • Anthony Sinisuka Ginting [INA] vs Mateusz Dubowski [POL]
  • Tommy Sugiarto [INA] vs Hu Yun [HKG]

Tunggal Putri:

  • Lyanny Alessandra Mainaky [INA] vs Kate Foo Kune [MRI]

Ganda Putra:

  • Marcus F Gideon/Kevin Sanjaya [3/INA] - bye
  • Angga Pratama/Ricky Karanda S [9/INA] - bye
  • Moh Ahsan/Rian Agung [INA] vs Richard Eidestedt/Nico Ruponen [SWE]

Ganda Putri:

  • Ririn Amelia/Anna Ching Yik Cheong [INA/MAS] vs Ashwini Ponnappa/Reddy N. Sikki [IND]

Ganda Campuran:

  • Praveen Jordan/Debby Susanto [7/INA] - bye
  • Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia [INA] vs Toby Ng/Rachel Honderich [CAN]
  • Irfan Fadhilah/Weni Anggraini [INA] vs Ronan Labar/Audrey Fontaine [FRA]
  • Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir [3/INA] - bye