(Indonesia Masters) Pesan Liliyana Natsir Untuk Tontowi/Apriyani

Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu (Indonesia).
Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu (Indonesia).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan anyar Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu secara tidak sengaja berhasil memulai debutnya di ajang Daihatsu Indonesia Masters 2020 BWF World Tour Super 500, pekan kemarin. Meski belum bisa berbicara banyak, namun penampilannya ini sempat menjadi sorotan, tak terkecuai bagi mantan pasangan Tontowi saat merebut medali emas Olimpade Rio de Janeior 2016 lalu, Liliyana Natsir.

Meski sudah memutuskan untuk gantung raket tepat satu tahun lalu, namun Liliyana tetap mengikuti perkembangan dunia bulutangkis Indonesia. Bahkan, pebulutangkis spesialis ganda campuran ini tak jarang terjun langsung memberikan arahan serta membagikan pengalamannya kepada para juniornya.

Melihat debut Tontowi/Apriyani di Istora Senayan, Jakarta, beberapa hari lalu, Liliyana lantas memberikan komentar terkait penampilan mantan pasangannya itu bersama Apriyani yang notabene pemain ganda putri. Menurut Liliyana, skill individu serta mental Apriyani sudah berada di level atas. Namun, Apriyani dinilai masih perlu banyak belajar mengenai pola permainan ganda campuran.

“Apri kan sudah ada di top level, jadi seharusnya nggak sulit untuk mengimbangi. Tapi pola main ganda putri dan ganda campuran kan beda. Biasanya kan dia main di belakang dan angkat bola nggak apa-apa. Nah kalau di ganda campuran bukan nggak boleh angkat bola, tapi harus diminimalisir. Prosesnya nggak mungkin instan, harus sabar dan ikut prosesnya,” tutur Liliyana Natsir.

Lebih lanjut Liliyana juga menyemangati Apriyani yang tentu pernah dibanding-bandingkan dengan dirinya sebagai mantan pasangan Tontowi.

“Saya dengar katanya yang jadi partner Owi memang dibanding-bandingkan dengan saya. Pasti ini jadi pressure. Memang kita tidak bisa mengontrol netizen, mungkin mereka mau Owi bangkit lagi. Pesan saya buat Apri, ambil positifnya saja, mungkin ekspektasi orang tinggi. Jangan dijadikan beban, tunjukkan saja, apa yang kurang, bisa Apri perbaiki,” ungkapnya.

Selain itu, Liliyana juga menyoroti performa Tontowi yang sebelumnya berpasangan dengan pemain muda, Winny Oktavina Kandow.

“Kalau saya sekarang lebih ke Owi sih, bisa nggak ngejar yang top top dunia? Jangan selalu dilihat siapa partnernya Owi, Owi nya sendiri juga harus sadar, dia masih punya motivasi nggak? Latihannya masih bagus seperti dulu nggak? Nggak bisa dipungkiri usia kan juga berpengaruh,” tegasnya.

Meski begitu, Liliyana tetap menyemangati dan mendukung tim ganda campuran Indonesia sepenuhnya. Liliyana juga berharap Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti cs bisa lebih konsisten di turnamen-turnamen berikutnya.

“Memang saat ini kekuatan ganda campuran mulai merata. Tapi hasil ini menjadi peringatan buat Praveen/Melati, mereka sekarang ada di level mana? Memang sekarang yang dibutuhkan itu adalah tampil konsisten,” tandasnya.