Indonesia Masters II 2023 - Tuan Rumah Diperkuat 67 Pemain

Lanny Tria Mayasari (Humas PP PBSI)
Lanny Tria Mayasari (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Surabaya | Tuan rumah Indonesia diperkuat 67 pemain pada Indonesia Masters II 2023 di Jatim International Expo, Surabaya, pada 24–29 Oktober. Di antaranya ada juara World Junior Championship 2023 Alwi Farhan, juga unggulan pertama ganda putri sekaligus sang juara Indonesia Masters II 2023 di Medan, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

"Bagi pemain pelapis dan junior Pelatnas PBSI di Cipayung, ini kesempatan bagi mereka untuk mengasah kemampuan, mengukur kekuatan, dan mendapatkan pengalaman di turnamen internasional," tutur Ketua Panitia Penyelenggara Armand Darmadji, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Senin (23/10).

Selain Alwi dan Ribka/Lanny, masih ada Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose dan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum yang jadi unggulan kedua dan ketiga di ganda putri.

Di ganda campuran, tuan rumah menerjunkan pasangan andalan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata, dan Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow, hingga Marwan Faza/Jessica Maya Rismawardani.

Secara total terdapat 241 pemain dari 15 negara siap tampil di Indonesia Masters II 2023. Negara peserta tersebut adalah Australia, Inggris, Prancis, Hong Kong, India, Jepang (32 pemain), Korea (18), Malaysia (53), Myanmar, Nigeria, Sri Lanka, Thailand (30), Taiwan (20), dan Amerika Serikat.

Turnamen yang masuk dalam level 6 kalender BWF World Tour Super 100 ini, berhadiah total 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp1,6 miliar. Selain itu juga menyediakan poin rangking BWF. Sang juara mendapat 5.500 poin, runner-up 4.680 poin, dan semifinalis 3.850 poin.

Sementara, menurut Wakil Ketua 3 Pengurus Provinsi PBSI Jawa Timur, Putu Rangga Jayaprana, pihaknya siap menggelar kembali turnamen bulu tangkis setelah pekan lalu menjadi tuan rumah turnamen Indonesia International Challenge yang berlangsung lancar. "Ini merupakan pekan kedua hajatan bulu tangkis berskala internasional yang berlangsung di Jatim Expo, Surabaya, setelah pekan lalu digelar turnamen Indonesia International Challenge yang berjalan lancar," ujar Putu Rangga.

Masyarakat Surabaya yang ingin menikmati pertandingan, bisa membeli tiket hari pertama sampai keempat dengan harga Rp50 ribu. Babak semifinal Reguler Rp75 ribu dan VIP Rp100 ribu. Sedangkan babak final Reguler Rp100.00 dan VIP Rp150 ribu. Tiket dapat dibeli di Ticket Box di arena.