Indonesia Masters 2024 - Zheng/Huang Juara

Huang Ya Qiong & Zheng Si Wei (Djarum Badminton)
Huang Ya Qiong & Zheng Si Wei (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda campuran China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, kembali menjadi juara turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2024. Mereka naik podium tertinggi seusai mengalahkan wakil Jepang, Hiroki Midorikawa/Natsu Saito. Dalam laga final di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (28/1), pasangan berperingkat satu dunia itu menang dengan skor 21-15, 21-16.

Peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020 tersebut bermain menekan sejak awal pertandingan. Hanya, peraih medali emas Asian Games Hangzhou 2022 itu sempat lengah di gim kedua, saat pasangan Midorikawa/Saito, di luar dugaan, mampu keluar dari tekanan Zheng/Huang.

Beruntung juara All England 2023 tersebut mampu mengantisipasi permainan dengan baik untuk akhirnya menang dua gim langsung dalam tempo 31 menit.

"Kami agak lengah di awal gim kedua saat lawan bisa melihat celah kosong di pertahanan kami sehingga mereka bisa keluar menyerang. Setelah interval kami bisa memperbaiki hal tersebut dan akhirnya mengunci kemenangan di pertandingan ini," ungkap Huang melalui siaran pers Humas PP PBSI.

Dengan hasil ini Zheng/Huang meraih gelar kelimanya di turnamen Indonesia Masters. Sebelumnya, mereka berjaya pada edisi 2018, 2019, 2020, dan 2022.

Sepanjang tampil di turnamen Indonesia Masters 2024, juara BWF World Tour Finals 2023 itu mengaku senang, mengingat banyak suporter yang memberikan dukungan buat mereka tersebut.

Setelah absen di India Open 2024, runner-up BWF World Championships 2023 itu memutuskan untuk tampil di turnamen Indonesia Masters 2024 yang punya atmosfer berbeda dengan turnamen-turnamen lainnya.