India Open 2024 - Ginting Enggan Menyerah

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Anthony Sinisuka Ginting enggan menyerah meski mengalami kekalahan pada gim pertama. Tunggal putra Indonesia itu bangkit dan berhasil memenangi laga melawan Kanta Tsuneyama pada babak 32 besar India Open 2024, Rabu (17/1). Dalam pertandingan berdurasi 84 menit di K. D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India, Anthony menang rubber game 17-21, 23-21, 21-17 atas wakil Jepang tersebut.

"Pertama-tama mengucap syukur bisa bermain dengan baik di pertandingan hari ini, tidak ada cedera juga. Kuncinya di gim kedua akhir saat saya coba mengubah pola permainan, karena di gim pertama sudah coba buat meladeni permainan lawan tapi kurang berhasil," tutur pemain kelahiran Cimahi, Jawa Barat itu, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

Setelah bertarung sengit dan kalah pada gim pembuka, Anthony berupaya terus mencari strategi yang jitu untuk menyamakan kedudukan. Meski sempat tertinggal, ia tetap fokus untuk mencari jalan keluar dan berhasil memaksa pertandingan ini ke gim ketiga. "Saya tidak menyerah, cari terus, cari terus strategi untuk mendapatkan poin sekaligus meredam kelebihan dia," katanya.

"Selain itu, saya cukup senang karena saat tertinggal poin di gim kedua tapi saya masih bisa fokus dan akhirnya keluar dari tekanan," Anthony, menambahkan.

Di gim ketiga, Anthony mampu memperbesar keunggulan hingga pengujung pertandingan. Namun, pebulu tangkis peringkat empat dunia itu kerap melakukan kesalahan sendiri. "Di gim ketiga setelah unggul 19-12 saya beberapa kali mati sendiri dan ada rehat beberapa lama juga karena medical break jadi temponya agak melambat sedikit," ungkapnya.

Dengan kemenangan ini, Anthony melaju ke babak 16 besar dan akan bertemu pemenangan laga antara Kenta Nishimoto (Jepang) dan Lu Guang Zu (China). "Sekarang fokus recovery dulu dan evaluasi pertandingan tadi. Sambil menunggu calon lawan besok," pungkasnya.