Hong Kong Open 2023 - Indonesia Tanpa Ganda Campuran di Empat Besar

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Humas PP PBSI)
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia meloloskan enam wakil ke semifinal Hong Kong Open 2023, yaitu Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di nomor tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (ganda putra), dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri). Namun, Indonesia tak memiliki wakil dari sektor ganda campuran di babak empat besar.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, satu-satunya wakil Indonesia di babak delapan besar, kalah dari dari wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie, dengan skor 10-21, 18-21. Mereka gagal meraih tiket semifinal setelah laga selama 33 menit yang digelar di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong tersebut.

Sementara, unggulan kelima Ahsan/Hendra alias "The Daddies" akan bertemu unggulan ketujuh Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Laga ini tercatat sebagai pertemuan kesembilan mereka. Hingga kini, "The Daddies" unggul dengan tujuh kemenangan atas duo Denmark tersebut. "Pasti senang bisa ke semifinal lagi setelah sekian lama. Mudah-mudahan besok kami bisa tampil maksimal lagi," tanggap Hendra kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

"Harus waspada karena lawan Kim/Anders yang sedang bagus," Hendra, menambahkan.

Di sektor tunggal putri, pemain andalan Indonesia Gregoria Mariska Tunjung akan menantang unggulan teratas asal Jepang, Akane Yamaguchi. Pemain yang biasa disapa Jorji itu mengatakan akan berusaha maksimal untuk kembali mendulang kemenangan. "Di semifinal lawan Akane (Yamaguchi) lagi, saya mau berusaha semaksimal mungkin dulu. Bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan tapi semoga kemenangan hari ini membuat motivasi saya bertambah untuk memenangkan pertandingan besok," jelasnya..

Berikut jadwal pertandingan para wakil Indonesia di babak empat besar Hong Kong Open 2023:

  • Akane Yamaguchi (Jepang/1) vs. Gregoria Mariska Tunjung (5)
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (6) vs. Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan/8)
  • Maiken Fruergaard/Sara Thygesen (Denmark) vs. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (7)
  • Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark/7) vs. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (5)
  • Jonatan Christie (5) vs. Ng Tze Yong (Malaysia)
  • Kenta Nishimoto (Jepang) vs. Anthony Sinisuka Ginting (2)